Calon Kapolri Komjen Idham Azis dan anggota Komisi III DPR. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul
Calon Kapolri Komjen Idham Azis dan anggota Komisi III DPR. Foto: Medcom.id/Juven Martua Sitompul

Idham Azis Janji Batasi ‘Kunjungan’ Anggota Polri

Nasional Calon Kapolri
Juven Martua Sitompul • 30 Oktober 2019 13:27
Jakarta: Komjen Idham Azis berjanji mengurangi pertemuan dengan anggota Polri bila tak perlu. Ini buat mencegah hal-hal yang tak diinginkan.
 
“Kalau saya diberi amanat (sebagai Kapolri), saya mungkin kurang-kurangin menerima anggota ke Pattimura (Jalan Pattimura, rumah dinas Kapolri),” kata Idham di kediamannya, Jalan Panglima Polim III Nomor 7A, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Idham membeberkan ada tiga hal yang biasa dibicarakan anggota bila menghadap Kapolri. Pertama, meminta jabatan strategis di Korps Bhayangkara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kedua mempertahankan jabatan, dan ketiga meminta sekolah,” beber dia.
 
Idham mengaku selalu meminta istri dan anak-anak tidak mencampuri urusan yang berhubungan dengan tugas dan fungsinya di Polri. Dia meminta istri fokus mengurus urusan rumah.
 
“Saya selalu bilang sama istri, kamu urusnya di dapur, sumur, sama kasur saja. Kalau tidak pakai prinsip itu, lama-lama istri bisa jadi bintang empat setengah tadi. Terus lama-lama bisa bintang tujuh, obat sakit kepala itu,” ujar dia.
 
Kabareskrim Polri ini mengklaim pernah membiarkan salah satu anaknya menjalani proses hukum. Idham ingin keluarganya disiplin dan tidak semena-mena.
 
“Bapak cari track record, percaya kalau urusan ini tegak lurus. Anak saya pernah ditilang, saya bilang tangkap dan proses. Saya haramkan untuk urusan itu,” kata Idham.
 
Ketua Komisi III Herman Hery mengaku puas dialog dengan keluarga Idham. Komisi bidang hukum itu menyebut keluarga Idham teladan bagi keluarga anggota Korps Bhayangkara lain.
 
“Kami berharap semoga Allah selalu melindungi keluarga ini dan diizinkan sebagai Kapolri nanti,” tegas Herman.
 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif