Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara
Presiden Joko Widodo (kanan) berjabat tangan dengan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto (kiri) usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Akbar Nugroho Gumay/Antara

Wiranto Mengaku Paham Obsesi Kenegaraan Jokowi

Nasional wantimpres
Antara • 16 Desember 2019 12:36
Jakarta: Ketua Dewan Pertimbangan Presiden 2019-2024 Wiranto yakin pertimbangannya bisa membantu Presiden Joko Widodo menjalankan tugas kenegaraan. Dia tahu obsesi kenegaraan Presiden Joko Widodo.
 
"Selama saya bertugas 3,5 tahun sebagai Menko Polhukam, selalu mendampingi beliau (Presiden), paling tidak saya paham bagaimana obsesi kenegaraan beliau tentang Indonesia," kata Wiranto usai serah terima jabatan Wantimpres 2015-2019 kepada Wantimpres 2019-2024, di Jakarta, Senin, 16 Desember 2019.
 
Wiranto mengatakan Presiden sangat memperhatikan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas. Presiden juga menginginkan reformasi birokrasi yang membumi, memberantas korupsi, hingga memperhatikan perkembangan teknologi terbaru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tentu mohon doa restu kepada masyarakat, mudah-mudahan kami bersembilan dapat menjalani tugas sebaik-baiknya," kata Wiranto.
 
Menurut dia, tugas wantimpres tak mudah. Wantimpres harus selalu memberikan pertimbangan kepada Presiden baik diminta maupun tidak. Sedangkan, masukan kepada Presiden tak hanya dari wantimpres. Karena Presiden memiliki menteri, kepala lembaga dan instansi, serta staf khusus.
 
"Sehingga masukan kepada Presiden sudah cukup lengkap. Tapi kita harapkan dari pengalaman, kita bisa cari ruang kosong, untuk memberi pertimbangan untuk menyempurnakan misi kenegaraan beliau. Saya yakin bisa dilaksanakan," ujar Wiranto
 
Sertijab Wantimpres dilaksanakan ketua dan anggota Wantimpres 2015-2019 kepada Wantimpres periode 2019-2024, terdiri dari Wiranto, Soekarwo, Arifin Panigoro, Sidharto Danusubroto, Mardiono Bakar, Putri Kus Wisnu Wardani, Dato Sri Tahir, Agung Laksono, dan Habib Lutfi.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif