Presiden Joko Widodo dan Presiden Argentina Mauricio Macri bertukar cendera mata. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Presiden Joko Widodo dan Presiden Argentina Mauricio Macri bertukar cendera mata. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Sepak Bola di Antara Presiden Argentina dan Jokowi

Nasional argentina
Dheri Agriesta • 26 Juni 2019 14:19
Bogor: Sepak bola jadi topik utama saat Presiden Joko Widodo dan Presiden Argentina Mauricio Macri bertukar cendera mata. Presiden Macri bahkan menyundul bola yang diberikan Presiden Jokowi.
 
Jokowi dan Macri menggelar pertemuan empat mata dan pertemuan bilateral di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu, 26 Juni 2019. Setelah rangkaian pertemuan selesai, kedua kepala negara menyerahkan cendera mata yang mereka siapkan.
 
Presiden Macri terlebih dulu memamerkan cendera mata yang dibawa dari 'Negeri Tango' itu. Ia memperlihatkan seragam tim nasional Argentina bernomor punggung 10 dan bertuliskan nama Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi tersenyum melihat cendera mata itu. Jokowi sempat berbincang dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo sembari memegang seragam bernomor punggung Lionel Messi di tim nasional Argentina tersebut.
 
Presiden kemudian memanggil ajudannnya yang buru-buru membawa kotak berisikan bola buatan Majalengka, Jawa Barat. Bola yang memegang lisensi FIFA itu sering digunakan di ajang internasional, seperti Piala Dunia 1998 di Prancis.
 
Jokowi memberikan bola berwarna putih dengan corak biru dan kuning kepada Macri. Ia sempat menjelaskan beberapa fakta menarik tentang bola tersebut kepada Presiden Macri.
 
Seolah mengecek kualitas produk asal Majalengka itu, Macri memantulkan bola itu ke lantai Ruang Teratai, Istana Kepresidenan Bogor. Macri memanggil ajudannya. Dia kemudian menyundul bola tersebut ke arah ajudannya.
 
Jarak antara Macri dan ajudannya sekitar dua meter. Sigap, ajudan Macri menangkap bola tersebut. Aksi Macri menuai decak kagum. Jokowi tertawa melihat aksi Macri. Macri pun tersenyum ke arah Presiden dan pewarta.
 
Baca: Mantan Presiden Argentina Putuskan Jadi Cawapres
 
Pertemuan antara Presiden Jokowi dan Presiden Macri menghasilkan sejumlah kesepakatan peningkatan kerja sama, seperti sektor perdagangan, pertanian, dan industri strategis.
 
Jokowi juga menawarkan sejumlah produk jasa dan industri strategis Indonesia. Pesawat dari PT Dirgantara Indonesia (DI) dan gerbong kereta dari PT Industri Kereta Api (INKA) ditawarkan.
 
"Presiden Macri selanjutnya akan berdiskusi dengan pimpinan DI dan PT INKA sore hari ini untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas," pungkas Jokowi.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif