Cristina Fernandez de Kirchner. (Foto: AFP)
Cristina Fernandez de Kirchner. (Foto: AFP)

Mantan Presiden Argentina Putuskan Jadi Cawapres

Internasional argentina
Arpan Rahman • 19 Mei 2019 16:24
Buenos Aires: Mantan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner telah mengumumkan dirinya akan maju sebagai calon wakil presiden dalam pemilihan umum nasional tahun ini.
 
Sementara mantan kepala kabinet Argentina Alberto Fernandez akan menjadi calon presiden bersama Fernandez dari partai Justicialist.
 
Selama ini, Cristina disebut-sebut merupakan penantang utama dari petahana Presiden Mauricio Macri. Meski menghadapi tuduhan korupsi, popularitas Fernandez justru meningkat di tengah kebijakan penghematan anggaran yang dilakukan pemerintahan Macri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga Argentina akan beramai-ramai menggunakan hak pilih mereka pada Oktobr mendatang. Macri harus berjuang keras menggalang dukungan di tengah gelombang kritik dan kecaman atas resesi yang melanda Argentina saat ini.
 
Cristina, seorang tokoh kontroversial berhaluan sayap kiri, mengatakan dalam sebuah video di media sosial bahwa dirinya akan maju sebagai cawapres.
 
"Saya telah meminta Alberto Fernandez untuk memimpin sebuah tim yang melibatkan kami berdua. Dia menjadi capres, dan saya cawapres," ujar Cristina dalam video yang diunggah di Twitter, dinukil dari laman BBC, Sabtu 18 Mei 2019.
 
Berbeda dari Cristina yang masih populer meski menghadapi kasus korupsi, Fernandez adalah pria yang kurang dikenal di dunia luar. Namun peluangnya untuk menang dinilai sejumlah pihak relatif baik jika Cristina menjadi cawapresnya.
 
Fernandez pernah menjadi kepala staf kepresidenan untuk Presiden Nestor Kirchner, mendiang suami Cristina. Jabatan tersebut hanya dipegang Fernandez selama beberapa bulan.
 
Baca:Mantan Presiden Argentina Melawan Dakwaan Korupsi
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif