Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko/Medcom.id/Theo
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko/Medcom.id/Theo

Moeldoko: Pemimpin Indonesia Harus Berkapasitas Tinggi

Medcom • 12 Agustus 2022 04:11
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut pemimpin Indonesia di masa depan harus berkapasitas tinggi. Menurut dia, hal ini tak terlepas dari fakta dari berbagai tantangan yang harus dihadapi.
 
"Yang jelas, pemimpin Indonesia ke depan harus memiliki kapasitas tinggi untuk menghadapi berbagai macam tantangan global,” kata Moeldoko melalui siaran pers, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Moeldoko menegaskan pekerjaan mengurus negara tidak mudah. Berangkat dari hal tersebut, sosok kepala negara Indonesia masa depan juga harus adaptif dan berani mengambil risiko atas kebijakan konstitusional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi selain harus memiliki kapasitas tinggi, pemimpin Indonesia ke depan harus siap dengan semua perubahan-perubahan," ujar Moeldoko.
 
Di sisi lain, dia membeberkan penyesuaian yang dilakukannya di KSP. Meski pernah menjabat sebagai panglima TNI, ia mengaku harus kembali belajar untuk memahami berbagai masalah ketika diangkat menjadi KSP.
 

Baca: Moeldoko Ajak Semua Pihak Menyukseskan Pemilu 2024


"Pada tiga bulan pertama saya merasa seperti tidak tahu apa-apa. Di situ saya benar-benar belajar untuk bisa memahami berbagai persoalan negara, dan mencari cara cepat menyelesaikannya. Enggak mudah itu,” terang dia.
 
Moeldoko juga menyinggung mengenai peran media saat ini. Dia meminta agar media tak terjebak dengan pemberitaan yang cepat tanpa mengedepankan kebenaran.
 
(Valerie Augustine Budianto)
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif