Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria -- MI/Susanto
Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria -- MI/Susanto

Semua WNI Punya Hak Sama Jadi Anggota DPR

Nasional parlemen
Achmad Zulfikar Fazli • 23 Agustus 2016 15:44
medcom.id, Jakarta: Wacana pengetatan aturan bagi artis yang ingin maju sebagai anggota DPR masih menjadi polemik. Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyebut aturan itu masih sekadar wacana.
 
"Kami menghormati usulan draf yang akan disampaikan Kemendagri mewakili pemerintah ke DPR yang sampai saat ini belum disampaikan," kata Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/8/2016).
 
Dalam wacana tersebut, artis yang akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif harus sudah menjadi kader partai minimal satu tahun. Menurut Riza, usulan itu perlu dibicarakan lagi lantaran setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk menjadi anggota DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Menurut kami, tak ada pembatasan profesi apa pun untuk menjadi wakil rakyat, selama bisa jujur, amanah, berintegritas, dan tentu memiliki kompetensi untuk bisa memperjuangkan kesejahteraan rakyat," ujar dia.
 
Politikus Gerindra ini tak ingin aturan tersebut nantinya malah digugat oleh pihak-pihak tertentu. Apalagi, Undang-undang Dasar 1945 menyebut setiap warga negara Indonesia mempunyai hak memilih dan dipilih.
 
"Kami berusaha susun Undang-undang tidak timbulkan kegaduhan dan judicial review," kata dia.
 
Hal senada diutarakan anggota Komisi II DPR Yandri Susanto. Menurutnya, Undang-undang tak perlu memberikan batasan kepada profesi tertentu untuk bisa menjadi anggota Dewan.
 
"Menurut Fraksi PAN, sudahlah kalau kita mau menggarap Undang-undang Pemilu dalam rangka penyempurnaan, bukan dalam rangka menjegal orang per orang atau menampikan anak bangsa yang mau masuk ke Parlemen," kata Yandri.
 
(Baca: Ruhut Dukung Wacana Perketat Artis jadi Caleg)
 

(NIN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif