Ketua Panja RUU PDP Abdul Kharis Almasyhari. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Ketua Panja RUU PDP Abdul Kharis Almasyhari. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Pembahasan RUU PDP Kembali Dimulai pada 24 Mei

Anggi Tondi Martaon • 18 Mei 2022 17:07
Jakarta: Pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi kembali dimulai. Komisi I DPR menetapkan jadwal pembahasan rapat bersama pemerintah.
 
"Dengan pemerintah direncanakan hari Selasa (24 Mei 2022)," kata Ketua Panja RUU PDP Abdul Kharis Almasyhari di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyebut Komisi I telah melakukan sejumlah persiapan menjelang rapat panja bersama pemerintah. Salah satunya, mengadakan rapat internal menyamakan pandangan seluruh fraksi di DPR terkait badan pengawas penggunaan data pribadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil rapat internal itu akan dibahas bersama pemerintah pada Selasa nanti. Diharapkan ada titik temu antara DPR dan pemerintah terkait badan pengawas penggunaan data pribadi.
 
"Mudah-mudahan nanti pada saat pembahasan betul-betul ketemu titik temu. Titik temunya seperti apa ya nanti ada di forum pembahasan, kita juga belum tahu," kata dia.
 
Dia mengeklaim jika pemerintah dan DPR sudah sepakat terkait badan pengawas tersebut maka pengesahan RUU PDP bisa segera dilakukan. Pasalnya, ketentuan lain sudah disepakati.
 
"Kalau itu ketemu, rasanya mudah-mudahan cepat bisa selesai karena pasal-pasal tidak berkaitan dengan badan atau lembaga pengawas ini sudah selesai kita sepakati pada awal-awal tahun 2020," ucap dia.
 
Baca: Pemerintah dan DPR Sudah Dapat Titik Temu Soal RUU PDP
 
Dia berharap seluruh pasal-pasal RUU PDP selesai dibahas dan disepakati pada masa sidang ini. Sehingga, bakal beleid yang sudah diperpanjang berulang kali itu bisa segera disahkan.
 
"Misalnya enggak selesai harmonisasi dan sinkronisasi bisa tinggal menyelesaikan mungkin ditambah masa sidang berikutnya untuk harmonisasi dan sinkronisasi. Tapi kita berharap selesai (RUU PDP disahkan Masa Sidang V)," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif