Anggota Komisi I Muhammad Farhan. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Anggota Komisi I Muhammad Farhan. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Pemerintah dan DPR Sudah Dapat Titik Temu Soal RUU PDP

Nasional DPR RI perlindungan data pribadi RUU PDP Data Pribadi
Anggi Tondi Martaon • 18 April 2022 16:31
Jakarta: Pembahasan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) mengalami kemajuan positif. Pemerintah dan Komisi I sudah mendapatkan titik temu terkait pembahasan RUU PDP.
 
"Jadi kuncinya sudah mulai terurai secara informal. Tinggal kita formalkan saja," kata anggota Komisi I Muhammad Farhan saat dihubungi, Senin, 18 April 2022.
 
Permasalahan yang dimaksud, yaitu terkait status lembaga pengawas pengguna data pribadi. Seluruh fraksi di Komisi I meminta lembaga tersebut bersifat independen. Sedangkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) ingin badan tersebut ada di bawah pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua belah pihak sama-sama ngotot dengan sikap tersebut. Sehingga, pengesahan RUU PDP tak kunjung usai hingga diperpanjang beberapa kali oleh pimpinan DPR.
 
Namun, situasi mulai berubah. Pemerintah dan Komisi I sudah tidak lagi bersikeras dengan pendirian masing-masing terkait status kelembagaan otoritas pengawas tersebut. Sudah ada titik temu antara kedua belah pihak.
 
"Keduanya (Komisi I dan pemerintah) ketemu di tengah lah. Kan enggak mungkin ngototan terus, kapan majunya Indonesia," ungkap dia.
 
Baca: Pimpinan Komisi I Diharapkan Segera Menjadwalkan Pembahasan RUU PDP
 
Politikus Partai NasDem itu sangat berharap perkembangan terbaru itu segera ditindaklanjuti Komisi I setelah Idulfitri 2022. Sehingga, pembahasan RUU PDP bisa diselesaikan.
 
Dia menyampaikan belum ada agenda resmi pembahasan RUU PDP pada masa sidang berikutnya. Namun, Komisi I diklaim ingin segera mengesahkan RUU PDP pada masa sidang berikutnya.
 
"Dalam pembahasan rapat secara internal di Komisi I sudah ada kesepakatan bahwa atau minimal tekad bersama harus selesai ni (RUU PDP disahkan pada Masa Sidang V Tahun 2021-2022)," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif