Ilustrasi kebakaran/Medcom.id
Ilustrasi kebakaran/Medcom.id

Oknum Kedapatan Bakar Hutan dan Lahan, Menteri LHK Akan Tindak Tegas

Christian • 26 Januari 2023 09:33
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar akan menindak tegas perusahan swasta yang kedapatan melakukan pembakaran hutan dan lahan. Ia juga akan memastikan penegakan hukum dijalankan.
 
"Tidak ada ampun terhadap siapapun yang mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kami beri warning dan cara-cara law enforcement seperti itu ternyata yang paling baik," kata Siti Nurbaya melalui keterangan tertulis, Kamis 26 Januari 2023.
 
Bukan hanya itu saja, pihaknya juga akan memantau dan mengawasi kesiapsiagaan dalam mencegah karhutla di Sumatera Barat. "Dalam hal ini saya terus mengikuti perkembangnya dan terima kasih karena aparatnya bekerja dengan baik," kata dia.
 

Baca juga: Menko Polhukam Minta Kepala Daerah Bisa Cegah Kebakaran Hutan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Suharyanto mengatakan pihaknya saat ini mengutamakan enam provinsi dalam pencegahan karhutla. Enam provinsi ini yakni Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.
 
"Selain itu kita juga terus memantau provinsi-provinsi lain apabila nanti ada kebakaran hutan dan lahan di wilayah," kata Suharyanto.
 
Dalam hal ini, BNPB melakukan operasi darat hingga operasi udara dengan menggunakan helikopter. BNPB juga akan melakukan modifikasi cuaca.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif