Presiden Joko Widodo. Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo. Antara/Wahyu Putro

Reshuffle Kabinet Momentum Uji Nyali Jokowi

Nasional reshuffle kabinet Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 30 Juni 2020 08:54
Jakarta: Wacana reshuffle kabinet dinilai menjadi momentum menunjukkan keberanian bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Publik bakal menilai ketegasan Jokowi mengubah susunan pembantunya tanpa bisikan pihak mana pun.
 
Reshuffle kabinet ini membuat nyali Jokowi diuji,” kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies, Jerry Massie, kepada Medcom.id, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Jerry mengatakan ada potensi Jokowi terhalang kekuatan partai politik, yaitu PDI Perjuangan. Apalagi, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara gamblang menyebut Jokowi sebagai petugas partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jerry memprediksi reshuffle menteri tak mudah. Jokowi harus berhadapan dengan elite partai politik, terutama yang mendukungnya saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.
 
Di sisi lain, Jerry menilai perubahan susunan kabinet mendesak dilakukan. Ini untuk memastikan pembantu Jokowi bekerja sesuai arahannya.
 
“Jadi bukan hanya menggertak, tapi langsung bertindak,” ujar dia.
 
Jerry meminta Jokowi berpikir taktis dan bertindak cepat. Reshuffle yang lambat bakal menggerus kepercayaan publik kepada Kepala Negara.
 
“Dampaknya bisa buruk terhadap kredibilitasnya. Takutnya publik tak akan percaya lagi,” tutur Jerry.
 
Baca:Jokowi Diyakini Segera 'Tendang' Menteri Berkinerja Buruk
 
Presiden Jokowi memerintahkan kementerian dan lembaga bekerja serius di tengah pandemi covid-19 (korona). Jokowi tak segan merombak kabinet bila tidak ada progres yang baik terkait penanganan covid-19 ke depan.
 
"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle (kabinet). Sudah kepikiran ke mana-mana saya," tegas Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 18 Juni 2020.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif