Ucapan Prabowo Merusak Hubungan Indonesia Palestina
Politikus Golkar Meutya Hafid. Foto: Medcom.id/M Rodhi Aulia.
Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyayangkan pernyataan Prabowo Subianto yang tidak mempermasalahkan jika Australia memindahkan kedubesnya ke Yerusalem. Ucapan Prabowo dapat merusak hubungan baik Indonesia Palestina
 
“Pernyataan Prabowo bertolak belakang dengan semangat konstitusi kita ysng menyebut kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan,” kata Meutya dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 23 November 2018.
 
Meutya mengatakan, menyepakati pemindahan kedutaan ke Yerusalem adalah bentuk pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. “Ini sama dengan mendukung penjajahan Israel atas Palestina. Indonesia sepatutnya memprotes rencana pemindahan kedubes negara mana pun ke Palestina, termasuk Australia,” kata Meutya.
 
Menurut Meutya, pernyataan Prabowo berpotensi melukai perjuangan Palestina dan masyarakat Indonesia yang selama ini berjuang untuk rakyat Palestina.
 
Dia menegaskan, selama ini Palestina menganggap Indonesia sebagai sahabat sejati karena Indonesia selalu berani membela kepentingan Palestina di hadapan negara-negara di PBB. Indonesia menyatakan protes resmi di PBB ketika AS berencana memindahkan kedutaannya di Yerusalem.

Baca: Prabowo-Sandi Kritik Pemerintah

Meutya mengatakan, jika Australia memindahkan kedubesnya ke Yerusalem, Australia berpotensi melanggar sejumlah resolusi PBB yang telah menetapkan bahwa Yerussalem di bawah naungan PBB.
 
“Sebagai negara sahabat, kita sepatutnya mengingatkan Australia sebagaimana pemerintah telah memprotes langkah AS,” kata Meutya.
 
Sebelumnya, Prabowo mengatakan Indonesia harus menghormati keputusan Australia yang ingin memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv Ke Yerusalem. Prabowo menilai Australia memiliki hak memutuskan kehendaknya sebagai negara merdeka yang berdaulat.
 
"Aussie merupakan negara independen dan berdaulat, maka kita harus hargai keputusan mereka," kata Prabowo saat menghadiri Indonesia Economic Forum di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu, 21 November 2018. (Insi Nantika Jelita)




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id