Wakil Presiden jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.
Wakil Presiden jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta.

Tjahjo Senang JK Sering Bantu Selesaikan Masalah di Daerah

Nasional jusuf kalla Kabinet Jokowi presiden jokowi
Dheri Agriesta • 18 Oktober 2019 18:54
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo punya kesan mendalam pada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tjahjo menilai JK sosok profesional.
 
"Misalnya beliau kalau ada tamu formal atau informal dari kepala daerah yang menyangkut pejabat daerah selalu beliau memanggil saya, menelepon saya," kata Tjahjo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.
 
JK selalu menginformasikan pertemuan dengan pejabat daerah. Usai bertemu, JK juga rajin mengabarkan Tjahjo masalah yang dialami kepala daerah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tjahjo menilai hal itu memudahkan menyaring masalah di daerah. Apalagi, prinsip Nawa Cita yang didengungkan Joko Widodo salah satunya membangun tata kelola hubungan pemerintah pusat dan daerah.
 
"Harus semakin efektif dan efisien, lalu mempercepat reformasi birokrasi dalam rangka memperkuat otonomi daerah," kata dia.
 
Tjahjo menilai Kabinet Kerja jilid II tetap berjalan lancar tanpa JK. Wakil presiden terpilih periode 2019-2024 Ma'ruf Amin dinilai mumpuni menempati posisi itu. Lagi pula, demokrasi Indonesia terus membaik.
 
Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla berakhir pada 19 Oktober 2019. Presiden dan wakil presiden terpilih Jokowi dan Ma'ruf akan dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2019.
 
Wapres JK akan menghabiskan waktu bersama keluarga setelah purnatugas. Ia akan bermain bersama cucu sembari mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif