Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi. (Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti)

Tatap Muka Jokowi-Prabowo Mendinginkan Suasana

Nasional pilpres 2019
Annisa ayu artanti • 13 Juli 2019 14:13
Jakarta: Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi menilai pertemuan Jokowi dan Prabowo mendinginkan suhu politik saat ini. Ketegangan yang terbangun sejak Pilpres 2019 perlahan mencair.
 
"Pertemuan keduanya paling tidak menurunkan tensi ketegangan politik yang cukup panjang," kata Burhanudin di di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu, 13 Juli 2019.
 
Burhan menyebut rekonsiliasi Prabowo dan Jokowi juga menghancurkan portal yang selama ini menghalangi keduanya. "Membantu proses penyembuhan pasca-kompetisi pemilu yang sedemikian panjang, menimbulkan polarisasi, dan friksi yang tajam," lanjut dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Prabowo Isyaratkan Bertahan sebagai Oposisi
 
Ia berharap rekonsiliasi tidak hanya dilakukan oleh kalangan elite namun juga sampai ke lapisan masyarakat paling bawah. Rekonsiliasi yang terbangun hingga bawah akan menentukan stabil atau tidaknya demokrasi suatu negara.
 
"Saya juga tidak bisa menggaransi pertemuan tersebut akan 100 persen menghilangkan seluruh hoaks atau sikap nyinyir dari kedua belah pihak. Paling tidak, ada sinyal positif yang dikirimkan oleh kedua tokoh yang diharapkan menular ke tingkat bawah," ujarnya.
 
Dalam pertemuan dengan Prabowo, Jokowi sempat menegaskan tidak ada lagi kubu-kubu dan tidak ada lagi dukung mendukung salah satu.
 
"Saya berterima kasih atas pengaturan ini sehingga kami bisa bertemu Pak Prabowo. Kita berharap pendukung juga melakukan hal sama. Tidak ada lagi cebong, tidak ada lagi kampret. Yang ada adalah Garuda Pancasila," kata Jokowi.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif