Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom/Desi Anggraini.
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom/Desi Anggraini.

JK 6 Bulan Jadi Menteri Dipecat Gus Dur

Nasional jusuf kalla
Achmad Zulfikar Fazli • 26 Maret 2019 19:56
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku merasa seperti 'pulang' saat menghadiri acara di Kementerian Perindustrian, Jakarta. Karena, dia pernah berkantor di Kementerian Perindustrian.
 
Saat itu, JK menjabat Kepala Bulog di era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sayangnya, dia sangat singkat mengemban jabatan itu.
 
"Tadi disampaikan saya ini kok seperti kembali ke rumah juga, karena saya di sini menteri cuma enam bulan, termasuk menteri terpendek dipecat oleh Gus Dur," kata JK dalam sambutannya di acara pembukaan Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) 2019, bertema 'Produktivitas yang berkualitas untuk Indonesia yang berkelas' di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa, 26 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat menjabat Kepala Bulog, dia juga merangkap sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan. Sehingga, dia berkantor di tempat yang sama.
 
"Kalau sekarang yang tanggung jawab ada tiga orang kalau dulu saya sendirian. Ya perindustriannya, perdagangannya dan kepala Bulog," ucap dia.
 
JK mengatakan dirinya sebenarnya memiliki tiga kantor saat mengemban jabatan tiga sekaligus. Namun, dia lebih memilih berkantor di Kemenperin, lantaran kantornya tidak terlalu mewah ketimpang dua kantor lainnya.
 
Dia mengaku tak ingin memiliki kantor yang mewah karena kondisi ekonomi saat itu sedang krisis. Dia malu bila menerima tamu dari luar negeri di kantor yang mewah, padahal kondisi ekonomi krisis.
 
JK menilai keputusan menempati kantor Kementerian Perindustrian tepat karena satu minggu kemudian perwakilan International Monetary Fund (IMF) datang. Mereka melihat kantornya saat itu tua dan kursinya pun tua, sehingga dia tak merasa bersalah.
 
"Itu sebabnya kenapa saya memilih kantor ini bukan kantor perdagangan bukan kantor bulog. Tapi ketika saya masuk (sekarang), saya sudah lupa karena sudah lux kantornya banyak berubah," kata dia.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif