Rilis survei Roda Tiga Konsultan. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.
Rilis survei Roda Tiga Konsultan. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Survei: Hanya 5 Partai Lolos Ambang Batas Parlemen

Nasional pemilu serentak 2019
Intan Yunelia • 05 Agustus 2018 17:05
Jakarta: Survei Roda Tiga Konsultan (RTK) menunjukkan hanya lima partai politik yang lolos ambang batas parlemen di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Partai lain diprediksi tak mampu melewati ambang batas parlemen sebesar 4 persen.
 
“Kita melihat pertama popularitas partai rata-rata partai yang berada di urutan lima besar yang diketahui masyarakat itu PDI Perjuangan, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan PKB (Partai Kebangkitan Bangsa),” kata Direktur Riset RTK Rikola Fedri saat merilis survei di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu, 5 Agustus 2018.
 
Menurut dia, jika pileg digelar hari ini, PDI Perjuangan diprediksi menjadi pemenangnya. Elektabilitas 'Partai Banteng' unggul jauh dari pesaing-pesaing utamanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“PDI Perjuangan di paling atas 23,7 persen kemudian Gerindra 12,8 persen melewati Golkar,” terang Rikola.
 
Dia menilai yang cukup mencengangkan justru posisi Golkar yang merosot ke urutan ketiga disalip Gerindra. Padahal, Golkar langganan menempati urutan kedua di setiap pesta demokrasi.
 
”Sekarang (Golkar) berada diposisi ketiga 7,2 persen. Kemudian, ada Demokrat 6,3 persen, PKB 5,5 persen, dan NasDem 2,0 persen," ucap dia.
 
Baca:Eks Pengacara Rizieq: PDI Perjuangan tak Anti-Islam
 
Hasil sama, kata dia, juga dihasilkan ketika responden hanya diberikan nama dan gambar partai. Elektabiltas PDI Perjuangan masih teratas dengan elektabilitas sebesar 26 persen.
 
"Gerindra diposisi kedua 14 persen, Golkar 9,3 persen, Demokrat diposisi keempat 7,9 persen, dan PKB 6,5 persen, dan NasDem 2,7 persen. Partai-partai baru PSI (Partai Solidaritas Indonesia) 0,1 persen, Berkarya 0,1 persen, kemudian Perindo 2 persen,” jelas dia.
 
Partai baru peserta Pemilu 2019 yang diprediksi mampu berbicara banyak dan lolos ambang batas parlemen hanya Perindo. Partai-partai baru lainnya diproyeksi akan tumbang.
 
“Kemudian partai baru lainnya seperti PSI, Berkarya, dan Garuda itu tingkat pengenalan masyarakat masih di bawah 40 persen,” ungkap dia.
 
Sementara itu, survei ini dilakukan pada 23 Juli-1 Agustus 2018 dengan melibatkan 1.610 responden dari 34 provinsi. Jajak pendapat menggunakan metode stratified systematic random sampling dengan margin of error 2,5 persen.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif