Bambang Wuryanto membantah Utut menerima gratifikasi dalam penitipan itu/Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto/Medcom.id/Anggi
Bambang Wuryanto membantah Utut menerima gratifikasi dalam penitipan itu/Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto/Medcom.id/Anggi

Fraksi PDIP Benarkan Utut Titip Maba Ke Rektor Nonaktif Unila

Anggi Tondi Martaon • 06 Desember 2022 18:43
Jakarta: Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPR Utut Adianto disebut menjadi salah satu pihak yang menitipkan mahasiswa baru (maba) dalam kasus suap Rektor Nonaktif Universitas Lampung (Unila) Lampung Karomani. Fraksi PDI Perjuangan tak membantah informasi tersebut. 
 
"Yang dibantu (masuk Unila) anaknya staf (DPR)," kata Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 6 Desember 2022.
 
Dia menyampaikan anak staf DPR tersebut ingin menjadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran. Karena kenal, Utut kemudian disebut menyurati Karomani. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan itu pun masih dikasih catatan bersurat kepada rektor Universitas Lampung meminta atensi kepada anaknya dalam tes sesuai peraturan perundangan yang ada," ungkap Bambang.
 
Bambang menegaskan tak ada gratifikasi yang diterima Utut dalam bantuan tersebut. Sebab, yang dibantu masuk Fakultas Kedokteran Unila adalah anak staf DPR.
 
"Enggak akan mungkin (terima gratifikasi). Wong yang dibantu anaknya staf," kata dia.
 

Baca: KPK Tunggu Laporan Jaksa untuk Kembangkan Kasus Suap di Unila


Ketua Komisi III itu menilai pertolongan tersebut merupakan hal biasa dilakukan. Bahkan, mayoritas anggota Fraksi PDI Perjuangan melakukan hal yang sama jika ada yang memintai pertolongan. 
 
"Kalau soal tolong menolong Bambang Pacul sering juga, orang PDIP rata-rata sering menolong loh," sebut Bambang.
 
Dia menyampaikan sering dimintai tolong untuk membantu memasukkan kerabat ke kepolisian karena posisinya sebagai Ketua Komisi III. Bantuan yang diberikan hanya dalam bentuk atensi jika dianggap memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.
 
"Yang ku kenal baik pasti aku akan mengatakan ikuti prosedur tes sesuai dengan kemampuannya yang ada. Saya akan mengatakan, tolong Pak ini diatensi jika memenuhi syarat-syarat untuk lulus ya tolong dibantu," ujar dia.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif