Ilustrasi gedung KPU. MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi gedung KPU. MI/Andri Widiyanto

Partai Pelita hingga Masyumi Daftar Peserta Pemilu 2024 Hari ini

Kautsar Widya Prabowo • 13 Agustus 2022 07:11
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut sebanyak empat partai politik (parpol) akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Sabtu, 13 Agustus 2022. Ini merupakan hari ke-13 dibukanya pendaftaran parpol peserta pemilu. 
 
"Yang berencana dan sudah mengagendakan pendaftarannya  Pelita pukul 10.00 WIB," ujar anggota KPU Idham Holik dalam konferensi pers dikutip Sabtu, 13 Agustus 2022.
 
Selanjutnya, ada Partai Kongres yang juga mendaftarkan diri dalam waktu yang sama. Lalu, Partai Republik Satu pada pukul 15.30 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terakhir ada Partai Masyumi juga akan mendaftar pada pukul 15.30 WIB. Sedangkan pada Minggu, 14 Agustus 2022, yang merupakan hari terakhir pendaftaran terdapat empat parpol juga yang akan mendaftar.
 
Yaitu, Partai Pemersatu Bangsa akan daftar pada pukul 14.00 WIB. Dilanjutkan Partai Pandu Bangsa pukul 16.00 WIB, Partai Bhinneka Indonesia pukul 16.00 WIB, dan Partai Damai Kasih Bangsa pukul 20.00 WIB.
 
"Jadi sudah ada delapan parpol yang konfirmasi akan mendaftar di hari ke-13 dan di hari ke-14," terang Idham.
 

Baca juga: Pendaftaran Pemilu, 21 Parpol Lanjut Verifikasi Admnistrasi


Sejak awal pendaftaran pada Senin, 1 Agustus hingga Jumat 12 Agustus 2022, sudah ada 29 parpol yang telah mendaftar. Dari jumlah itu, 21 parpol dinyatakan telah melengkapi berkas, sedangkan delapan lainnya berkas belum lengkap.
 
Sebanyak 21 pendaftar sudah melengkapi berkas pendaftaran kepada KPU RI, yaitu PDI-P, PKP, PKS, PBB, Perindo, Nasdem, PKN, Garuda, Demokrat, Gelora, Hanura, Gerindra, PKB, PSI, PAN, Golkar, PPP, PRIMA, Buruh, Republik, dan Ummat.
 
Delapan partai politik lain belum melengkapi berkas persyaratan, yaitu Partai Republik, Partai Reformasi, Pandai, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Bangkit Bersatu, dan Parsindo.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif