KPU. Foto: Dok Medcom.id
KPU. Foto: Dok Medcom.id

3 Peraturan KPU Sudah Lalui Uji Publik

Nasional kpu pemilu PKPU Pemilu 2024
Antara • 26 April 2022 23:14
Jakarta: Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mochammad Afifuddin mengungkapkan ada tiga dari sembilan draf Peraturan KPU (PKPU) telah melalui uji publik. Ketiga draf PKPU itu, yakni tahapan, verifikasi partai, dan daftar pemilih.
 
"Lainnya ya tunggu beberapa hal yang akan dibicarakan bersama dengan beberapa pihak,” kata Afifuddin di Media Center KPU, dilansir Antara, Selasa, 26 April 2022.
 
Dia mengungkapkan KPU akan melanjutkan pembicaraan mengenai PKPU setelah lebaran. Pihaknya telah menyiapkan berbagai PKPU yang harus segera dibahas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Rapat Konsinyering Pemilu Digelar Usai Lebaran
 
“Yang biasanya bertahap, ini udah kami siapkan yang banyak. Biar nanti ketika sudah pembahasan, bisa banyak (PKPU) yang masuk,” jelas dia.
 
Afifuddin menerangkan draf tiga PKPU yang telah melalui uji publik telah melalui pembahasan paling matang dan siap untuk disahkan. PKPU tahapan merupakan PKPU yang krusial, karena pembahasan mengenai anggaran Pemilu 2024 sangat bergantung pada PKPU tersebut.
 
“Masih menanti pembahasan beberapa hal dalam forum tripartit antara KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum), dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu),” tutur Afifuddin.
 
Pembahasan dalam forum tripartit penting karena bertujuan menyatukan persepsi atau pandangan antara ketiga lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut, sebelum nantinya PKPU menjalani uji publik.
 
“Jadi, ada forum lebih internal dulu untuk memberikan pemahaman yang sama dari sisi yang merumuskan maupun pihak lain yang kami mintakan masukan,” kata Afifuddin.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif