Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, MI/Haryanto Mega.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, MI/Haryanto Mega.

Survei SMRC: Ganjar Tak Tergoyahkan Tanpa Pemilih PDI Perjuangan

Nasional pemilu partai politik PDIP capres koalisi partai Pilpres Ganjar Pranowo
Fachri Audhia Hafiez • 13 Juni 2021 16:51
Jakarta: Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan simulasi keterpilihan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tanpa dukungan pemilih PDI Perjuangan bila pemilihan presiden (pilpres) digelar sekarang. Hasilnya, Ganjar unggul telak dari figur lain.
 
"Ganjar mendapat dukungan terbanyak 35,3 persen dari responden," kata Manajer Program SMRC Saidiman Ahmad dalam rilis survei virtual 'Partai Politik dan Calon Presiden: Sikap Pemilih Pasca 2 Tahun Pemilu 2019', Minggu, 13 Juni 2021.
 
Simulasi tanpa pemilih PDI Perjuangan membuat Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto berada diurutan kedua dengan perolehan 30,8 persen suara. Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat 25,5 persen dan sisanya tidak menjawab atau tidak tahu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Puan dan Ganjar Disebut Punya Peluang Sama Diusung di Pilpres 2024
 
Menurut Saidiman, tantangan Ganjar tidak mudah tanpa pemilih PDI Perjuangan. Terlebih, jika menjadikan hasil survei tersebut untuk ancang-ancang menatap 2024.
 
"Kalau Ganjar tidak ada didukung oleh PDI Perjuangan, medannya jadi lebih berat dan persaingan lebih ketat," ujar Saidiman.

Perolehan dukungan partai lain

Ganjar tanpa PDI Perjuangan berpotensi mendapat dukungan dari partai lain. Jajak pendapat SMRC mencatat dukungan untuk Ganjar datang dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Demokrat, partai non-parlemen, dan yang menyatakan 'belum tahu' memilih partai mana.
 
Sebanyak 68 persen pemilih PKB menyatakan dukungan kepada Ganjar dan Demokrat sejumlah 40 persen. Partai lain di luar parlemen mendukung 46 persen keterpilihan Ganjar.
 
Sementara itu, Prabowo Subianto paling banyak didukung pemilih Gerindra dengan angka 51 persen. Golkar menyusul dengan jumlah 41 persen dan NasDem 38 persen.
 
"Ganjar juga mendapat suara cukup baik dari pemilih Golkar (36 persen), hanya sedikit di bawah Prabowo dari pemilih Golkar (41 persen)," kata Saidiman.
 
Baca: Survei SMRC: Prabowo-Ganjar-Anies Capres Paling Dipilih Publik
 
Sementara itu, Anies Baswedan didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan 62 persen. Disusul pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan jumlah 59 persen dan Partai Amanat Nasional (PAN) 49 persen.
 
"Ganjar juga mendapat suara lebih baik dari pemilih NasDem dibanding Anies," ucap Saidiman.
 
Survei menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat (multistage random sampling) dengan menyasar 1.220 responden. Proses pengumpulan data survei dilaksanakan 21-28 Mei 2021 melalui wawancara tatap muka.
 
Sebanyak data 1.072 responden yang diwawancarai dinyatakan valid. Survei ini memiliki toleransi kesalahan kurang lebih kurang 3,05 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif