Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyapa penerima program keluarga harapan di Tasikmalaya. ANT/Adeng Bustomi.
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menyapa penerima program keluarga harapan di Tasikmalaya. ANT/Adeng Bustomi.

Survei: Masyarakat Ingin Dana PKH Cair per Bulan

Nasional dana pkh
Candra Yuri Nuralam • 02 Mei 2019 12:05
Jakarta: Lembaga riset Microsave Consulting menilai keluarga penerima manfaat (KPM) program keluarga harapan (PKH) tak setuju dana bantuan dicairkan tiga bulan sekali. Mereka ingin dana tersebut dicairkan sekali sebulan.
 
"Mayoritas masyarakat yang menerima dana PKH meminta dana ini diberikan dengan jelang waktu yang tidak terlalu lama," kata peneliti Microsave Consilting Astri Sri Sulastri di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Sebanyak 46 persen responden di Indonesia bagian barat menginginkan dana PKH cair sebulan sekali. Keinginan serupa juga disuarakan 66 persen masyarakat di Indonesia bagian tengah dan 40 masyarakat di Indonesia bagian timur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masyarakat juga meminta pemerintah mengurangi waktu tunggu saat pencairan dana. Antrean panjang membuat pencairan dana di loket memakan banyak lama.
 
"Sebanyak 15 persen masyarakat di Indonesia bagian barat menginginkan hal ini. Sedangkan di Indonesia bagian tengah sebesar 13 persen dan paling banyak di Indonesia bagian timur sebanyak 31 persen," ujar Astrid.
 
Baca: Mensos: Masyarakat Puas dengan PKH
 
Sebagian masyarakat juga ingin penggunaan dana PKH lebih fleksibel, seperti penggunaan dana untuk aktivitas sosial. Masyarakat juga meminta kendala dalam sistem PKH diselesaikan.
 
Microsave Consulting melakukan riset independen pada awal 2019. Mereka menggunakan metode riset kuantitatif dan kualitatif terhadap 2.903 responden yang tersebar di 15 provinsi dan 28 kabupaten atau kota di Indonesia.
 
Sebanyak 1.466 responden merupakan penerima bantuan dan 1.437 responden non-PKH sebagai pembanding. Mereka juga melakukan wawancara mendalam terhadap 25 responden.
 
Untuk keperluan analisis data, riset dibagi di tiga wilayah yakni wilayah barat meliputi Sumatra Barat, sumatra Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur. Wilayah tengah merupakan seluruh wilayah di Pulau Jawa. Dan wilayah timur meliputi Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif