Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dok: Kementerian Sekretariat Negara
Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Dok: Kementerian Sekretariat Negara

Pemerintah Ambil Alih Pengelolaan TMII Setelah 44 Tahun Dikelola Yayasan

Nasional aset negara TMII taman hiburan
Fachri Audhia Hafiez • 07 April 2021 12:11
Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat rekreasi itu awalnya dikelola Yayasan Harapan Kita.
 
"Presiden (Joko Widodo) telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII yang intinya penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam konferensi televideo, Rabu, 7 April 2021.
 
Menurut Pratikno, pengambilalihan pengelolaan TMII berkaca pada kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan Kemayoran. Kedua kawasan yang berstatus aset negara itu dikelola sesuai kebutuhan masyarakat dan berkontribusi pada keuangan negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


TMII merupakan aset negara berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 51 Tahun 1977. Yayasan Harapan Kita telah mengelola TMII selama hampir 44 tahun.
 
"Kami punya kewajiban untuk melakukan penataan memberikan manfaat seluas-luasnya untuk masyarakat," ucap Pratikno.
 
Baca: Kemensetneg Segera Tentukan Kebijakan Baru Pemanfaatan TMII
 
Pratikno menuturkan peralihan pengelolaan TMII berdasarkan rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan pemangku kepentingan lainnya. Kawasan seluas 146,7 hektare itu memiliki penghitungan revaluasi Rp20 triliun pada 2018.
 
"Dengan aset yang begitu luas, banyak, dan strategis, yang selama ini juga didukung banyak sekali kementerian akan bisa dikelola dengan baik dan memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat dan berkontribusi untuk negara," ucap Pratikno.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif