Ilustrasi alutsista/Antara/Fikri Yusuf.
Ilustrasi alutsista/Antara/Fikri Yusuf.

DPR Tidak Dilibatkan Dalam Rencana Pembelian Pesawat Typhoon

Nasional prabowo subianto alutsista
Kautsar Widya Prabowo • 28 Juli 2020 01:06
Jakarta: DPR mengaku tidak dilibatkan dalam rencana Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membeli jet tempur Eurofighter Typhoon. Prabowo telah melayangkan surat ke pemerintah Austria ihwal rencana itu pada 10 Juli 2020.
 
"Sampai detik ini, sampai kita ini duduk diskusi belum ada pemberitaan resmi, apalagi diajak diskusi meminta persetujuan dari Pak Prabowo kepada DPR," kata Anggota Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin dalam diskusi virtual, Senin, 27 Juli 2020.
 
Dia memastikan Prabowo juga tidak mencatut jet tempur typhoon dalam list Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun ini dan tahun depan. Hal ini harus menjadi perhatian penting bagi Ketua Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) Joko Widodo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemutus apakah boleh dan tidak boleh membeli dari luar negeri itu adalah KKIP dengan dipimpin Presiden Joko Widodo, ketua hariannya Menhan Prabowo Subianto, Wakil ketua harian Menteri BUMN Erick Thohir," kata dia.
 
Baca: Sisa Usia Pesawat Typhoon Tinggal 13 Tahun
 
Selain itu dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan mengatur syarat-syarat pembelian alat perlengkapan dari luar negeri. Diwajibkan mengikutsertakan partisipaai industri pertahanan dalam negeri, seperti PT Dirgantara Indonesia (DI).
 
"Saya sudah komunikasi dengan PT DI ternyata belum ada pembicaraan soal pengadaan thypoon ini," ujar dia.
 
Mantan Jenderal TNI bintang dua itu menjelaskan dalam Pasal 27 ayat 1 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012, mengharuskan pengguna dalam hal ini TNI Angkatan Udara (AU) harus mengusulkan kebutuhan standarisasi alat pertahanan. Sedangkan AU tidak melaporkan kebutuhan jet tempur Typhoon.
 
"Artinya pembelian ini agak sulit kalau mau ikuti aturan perundang-undangan yang dibuat," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif