Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah
Gedung DPR di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Foto: MI/Bary Fathahilah

Para Kepala Staf Diminta Menjalin Kedekatan dengan DPR

Nasional panglima tni DPR RI Crosscheck Calon Panglima TNI Andika Perkasa Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa
Anggi Tondi Martaon • 07 November 2021 14:20
Jakarta: Para kepala staf angkatan bersenjata diminta tak hanya menjalin kedekatan dengan presiden. Para calon panglima TNI itu juga diminta menjalin chemistry dengan lembaga lain, terutama DPR.
 
"Jangan sama dengan presiden saja, harus dekat juga dengan DPR," kata anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi dalam program Crosschek Medcom.id bertemakan 'Scholar Warrior Pilihan Jokowi', Minggu, 7 November 2021.
 
Apalagi, kata dia, pengusulan calon panglima TNI harus melalui uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Hal itu merupakan amanat Pasal 13 Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Makanya ada persetujuan dengan DPR," kata dia.
 
Dia menyampaikan alasan persetujuan DPR untuk menghindari dominasi kekuasaan pemerintah atau executive heavy. Apalagi, Indonesia telah memasuki era reformasi di mana pengajuan para pimpinan lembaga harus melalui pertimbangan DPR.
 
"Makanya ada era reformasi, makanya ada UU TNI," ucap dia.
 
Baca: Eks Kabais: Jokowi Senang Bekerja Dengan Orang yang Sudah Dikenal
 
Selain itu, dia menyebut hanya Indonesia yang memiliki mekanisme pengangkatan panglima TNI melalui pertimbangan DPR. Negara lain disebut bisa menunjuk langsung panglima angkatan bersenjata mereka.
 
"Enggak ada UU TNI kayak di di Indonesia ini, ada enggak di Thailand (proses pengangkatan panglima TNI melalui pertimbangan DPR). Mereka kan memilih sendiri," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif