Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. AFP/Adek Berry
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. AFP/Adek Berry

Mayoritas Pemilih Prabowo Kelompok Menengah ke Bawah

Nasional pemilu Prabowo Subianto survei Pilpres Anies Baswedan Ganjar Pranowo
Anggi Tondi Martaon • 05 Juni 2021 17:58
Jakarta: Elektabilitas Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto masih yang tertinggi versi lembaga survei Parameter Politik Indonesia. Mayoritas pendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu dari kelompok berpendidikan dan berpenghasilan menengah ke bawah.
 
"Dan, mereka tidak punya medsos (media sosial)," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno dalam konferensi pers virtual Survei Peta Politik Menuju 2024 dan Isu Politik Mutakhir, Sabtu, 5 Juni 2021.
 
Dari sektor pendidikan, Prabowo mendapat dukungan dari lulusan sekolah menengah pertama (SMP) sebesar 23,3 persen dan tamatan sekolah dasar (SD) 23,1 persen. Pada sektor perekonomian, Prabowo banyak dipilih masyarakat berpenghasilan rendah 24,0 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling banyak mendapat dukungan dari pemilih berpendidikan tinggi atau lulusan perguruan tinggi dengan 32,9 persen. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga mendapat dukungan dari pemilih yang memiliki medsos 21,3 persen.
 
"Anies juga banyak dilirik pemilih (berpenghasilan) kelas menengah ke atas dengan 23,3 persen," ungkap dia.
 
Di samping itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo banyak mendapat dukungan dari masyarakat berpenghasilan menengah ke atas dengan 24,2 persen. Berdasarkan latar belakang pendidikan, pendukung Ganjar banyak yang tamatan SD dan SMP sekitar 19 persen.
 
Mayoritas pendukung Ganjar juga merupakan pemilih yang memiliki medsos. Jumlahnya, mencapai 21,7 persen.
 
“Wajar kalau Ganjar populer di media sosial,” ujar Adi.
 
Baca: Pesona AHY Belum Mampu Menarik Perhatian Pemilih Partai Lain
 
Dalam survei Parameter Politik Indonesia, Prabowo memperoleh dukungan 18,3 persen. Sedangkan, Ganjar mendapat dukungan 16,5 persen.
 
Peringkat ketiga dipegang Anies dengan 15,1 persen. Sedangkan AHY 7,0 persen.
 
Survei dilakukan pada 23-28 Mei 2021. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.200 responden. Pemilihan responden menggunakan metode random sampling. Margin of error survei sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif