Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Jokowi Desak Korporasi Petani dan Nelayan Dioptimalkan

Nasional nelayan petani koperasi
Nur Azizah • 06 Oktober 2020 10:13
Jakarta: Presiden Joko Widodo mendesak korporasi petani dan nelayan dijalankan maksimal. Korporasi belum memiliki ekosistem bisnis yang terintegrasi.
 
"Memang kita melihat kelompok-kelompok petani dan nelayan, tapi belum terbangun sebuah model bisnis yang memiliki ekosistem yang bisa disambungkan dengan (Badan Usaha Milik Negara) BUMN dan swasta besar," kata Jokowi d Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Kepala Negara memerintahkan kementerian terkait membanggakan satu hingga dua model bisnis korporasi petani dan nelayan di salah satu provinsi. Model korporasi yang dibangun harus menjadi contoh bagi provinsi lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena belajar dari pengalaman, saya yakin akan banyak kelompok tani dan nelayan lain mau mencontoh kalau yang dilihat berhasil dan bisa mensejahterakan," tegas Jokowi.
 
(Baca: Koperasi Diharapkan Dorong Pemulihan Ekonomi Masyarakat)
 
Presiden ke-7 RI itu menyebut korporasi bertujuan meningkatkan taraf hidup dan mewujudkan transformasi ekonomi. Apalagi, pertanian menjadi salah satu sektor yang menyumbang 16,24 persen perekenomiandi tengah pandemi covid-19 (korona).
 
"Ini perlu juga didorong untuk berkelompok dalam jumlah yang besar dalam sebuah korporasi sehingga memiliki economic scale," ujarnya.
 
Pembentukan korporasi memudahkan para petani dan nelayan mengakses pembiayaan, informasi, dan teknologi. Mereka juga lebih mudah memasarkan produk.
 
"Pola pikir juga perlu berubah tidak semata-mata fokus kepada on farm tapi bergerak ke out farm sisi pascapanen. Sisi bisnisnya, yaitu dengan membangun proses bisnis dari produksi sampai ke pascapanen," tutur dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif