Ilustrasi koperasi pangan. Foto : MI.
Ilustrasi koperasi pangan. Foto : MI.

Koperasi Diharapkan Dorong Pemulihan Ekonomi Masyarakat

Ekonomi koperasi Pemulihan Ekonomi Nasional
Antara • 27 September 2020 08:40
Bogor: Koperasi di Kota Bogor diharapkan dapat memanfaatkan berbagai peluang usaha pada pandemi covid-19 saat ini untuk pemulihan ekonomi masyarakat.
 
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan salah satu peluang usaha saat ini yang bisa menjadi usaha koperasi adalah sektor pangan.
 
Koperasi di Kota Bogor, kata dia, bisa juga mengambil langkah memanfaatkan ekonomi digital sebagai salah satu bentuk diversifikasi pengembangan koperasi agar tetap bisa bersaing di tengah pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dedie menjelaskan di Indonesia saat ini ada sekitar 123 ribu koperasi yang memberikan kontribusi sekitar lima persen pendapatan bruto nasional serta menyerap sekitar satu persen tenaga kerja.
 
Menurut dia, di Kota Bogor ada sekitar 450 koperasi yang aktif dengan jumlah anggotanya sekitar 25 ribu orang yang menjadi potensi ekonomi rakyat.
 
Potensi koperasi di Kota Bogor, kata dia, jika didukung rasa memiliki yang kuat dan kompak dari semua anggotanya, bisa menjadi potensi ekonomi yang dapat menguatkan keberadaan koperasi.
 
"Saya harapkan semua pengurus dan anggota koperasi bisa kompak melakukan inovasi dan menyesuaikan kondisi terkini yang mengarah ke era digital," katanya dikutip dari Antara, Minggu, 27 September 2020.
 
Dedie mengusulkan kepada anggota koperasi untuk tidak menarik simpanan secara ramai-ramai karena bisa mengakibatkan koperasinya terpuruk.
 
"Anggota harus bersama-sama mendorong koperasi untuk bertahap pada situasi covid-19 saat ini," katanya.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif