Suasana diskusi bertajuk 'Politik Pasca Sidang Putusan MK. (Foto: Medcom.id/Intan Yunelia)
Suasana diskusi bertajuk 'Politik Pasca Sidang Putusan MK. (Foto: Medcom.id/Intan Yunelia)

PKB Tak Memaksa Ingin 10 Pos Menteri

Nasional pkb kabinet jokowi kabinet kerja
Intan Yunelia • 13 Juli 2019 11:49
Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak memaksakan ingin menduduki 10 pos menteri di kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hal itu sepenuhnya menjadi hak prerogatif presiden.
 
"Real-nya PKB tidak pernah meminta 10 (kursi menteri). 10 itu nama kader terbaik yang dimiliki PKB, orang profesional yang dekat dengan PKB," kata Garda Bangsa PKB Billy Aries, dalam diskusi bertajukPolitik Pasca Sidang Putusan MK, di Universitas Mercu Buana, Menteng, Jakarta, Sabtu, 13 Juli 2019.
 
Billy mengaku hingga saat ini belum ada pembahasan formal terkait usulan tersebut. Nama-nama yang diserahkan sekadar usulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai sekarang memang masih belum ada pertemuan yang mengundang partai koalisi untuk membicarakan komposisi kabinet," ujarnya.
 
Baca juga:PKB Tak Menargetkan Jatah Menteri
 
Menurut Billy pembahasan antarparpol masih sebatas lobi-lobi politik untuk kursi pimpinan di Parlemen. "Karena kepemimpinan di MPR kan memang ada lobi di sana," pungkasnya.
 
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebelumnya menyodorkan 10 nama untuk mengisi kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Pernyataan itu dilontarkan saat acara buka bersama dan dialog kebangsaan di kediamannya.
 
"Semoga 10 menteri dilantik dari PKB. Berdoa kan enggak salah, doa kan bisa sebanyak-banyaknya," kata Muhaimin di Rumah Dinasnya, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu, 18 Mei 2019.
 
Ia berkeyakinan harapannya akan terkabul. PKB tercatat berpeluang besar mendapat 60 kursi di DPR RI. Jumlah itu cukup besar walau di luar target partai semula.
 
"Alhamdulillah hasil pemilu ini terutama PKB cukup signifikan. Memang target kita 100 kursi tapi dapat 60 kursi ya alhamdulillah, kita syukuri," ujarnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif