Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej. MI/Pius
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej. MI/Pius

Penyusunan DIM RUU TPKS Ditargetkan Rampung dalam Sepekan

Nasional Antikekerasan Seksual DPR RI RUU PKS kekerasan seksual RUU TPKS
Anggi Tondi Martaon • 19 Januari 2022 15:04
Jakarta: Pemerintah mempercepat penyusunan daftar inventaris masalah (DIM) Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS). DIM RUU TPKS ditargetkan rampung dalam waktu dekat.
 
"Insyaallah dalam waktu seminggu itu kami berharap sudah selesai," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Pengesahan RUU TPKS Omar Sharif Hiariej di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 19 Januari 2022.
 
Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) itu menyampaikan penyusunan DIM harus berdasarkan naskah RUU TPKS. Pemerintah saat ini tengah menunggu naskah tersebut dari DPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu dapat naskah resmi dari DPR, Gugus Tugas akan lakukan pembahasan secara intensif," kata dia.
 
Dia menyampaikan penyusunan DIM akan dilakukan sejumlah instansi dan kementerian/lembaga. Di antaranya, Kantor Staf Kepresidenan, Kejaksaan Agung, Polri, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kemenkumham.
 
Baca: Jokowi Diminta Segera Kirim Surpres RUU TPKS
 
Selanjutnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). "Kami akan lakukan konsultasi untuk melihat draft tersebut," ujar dia.
 
Sebelumnya, parlemen Indonesia mengesahkan RUU TPKS sebagai usul inisiatif DPR. Lembaga legislatif pusat itu segera mengirimkan keputusan tersebut ke pemerintah.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif