Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Fadli Sebut WNI Eks ISIS Korban Propaganda

Nasional wni gabung isis
Kautsar Widya Prabowo • 05 Februari 2020 15:25
Jakarta: Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mendukung pemulangan 600 Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Menurut dia, pemerintah wajib melindungi warga negara, tak terkecuali ratusan WNI yang dianggap Fadli menjadi korban propaganda.
 
"Kalau mereka ibaratnya tersesat karena doktrin tertentu seperti ISIS, ya harus dikembalikan, karena mereka jadi korban propaganda ISIS dan sebagainya," ujar Fadli, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Dia ingin pemerintah memfasilitasi para WNI itu dalam menanamkan ideologi Pancasila dengan memulangkan mereka ke Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena mereka korban, bisa saja mereka (human) trafficking ke sana atau dijanjikan hal-hal lain. Bisa juga disudutkan pada situasi seperti di daerah konflik, ini harus dikembalikan ke jalan yang benar," jelasnya.
 
Fadli Sebut WNI Eks ISIS Korban Propaganda
Pesantren deradikalisasi di Sumut yang dikelola mantan teroris Khorul Ghazali. Foto: MI/Puji Santoso
 
Politikus Partai Gerindra itu akan mempertanyakan rencana pemulangan WNI tersebut ke Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Persiapan yang matang perlu dilakukan, jika rencana pemulangan direalisasikan pemerintah.
 
"Gimana rencana mereka terkait warga negara karena jumlahnya cukup banyak dan mungkin ada yang di bawah umur, sehingga harus ada treatment spesifik, dicek bagaimana mereka bisa sampai berada di sana," imbuhnya.
 
Saat ini, pemerintah tengah mematangkan rencana pemulangan WNI itu. Jika telah rampung, Fadli ingin pemerintah menjelaskan kepada masyarakat terkait hal ini.
 
Berikut rencana lanjutan jika para WNI jadi dipulangkan. Apa saja yang akan dilakukan kepada WNI agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Assesment seperti apa, dan langkah-langkah road map untuk datangkan mereka kembali seperti apa, dan sikap pemerintah seperti apa," pungkasnya.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif