Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas. Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas. Antara/Sigid Kurniawan

Jokowi Mau APD dan Alat Rapid Test Rata Tersebar

Nasional Virus Korona virus corona
Candra Yuri Nuralam • 25 Maret 2020 13:28
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin pengiriman alat perlindungan diri (APD) dan alat rapid test (tes cepat) rata ke seluruh Indonesia. Jokowi tak ingin ada wilayah yang terlewatkan.
 
"Presiden Joko Widodo menginginkan distribusi alat pelindung diri (APD) dan rapid test atau alat tes cepat virus korona (Covid-19) di seluruh provinsi, khususnya provinsi terdampak segera bisa dimanfaatkan," kata Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman di Jakarta, Rabu, 25 Maret 2020.
 
Jokowi tetap memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah untuk mengatur penggunaan barang tersebut. Tugasnya sebagai kepala negara hanya untuk memastikan pengiriman APD dan alat tes cepat merata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nantinya, provinsi yang akan menentukan pemeriksaan cepat pertama untuk kontak terdekat kasus positif, dan kedua untuk petugas kesehatan yang terlibat dalam layanan langsung Covid-19," ujar Fadjroel.
 
Baca: Alat Rapid Test Milik DKI Berbeda dengan Pemerintah Pusat
 
Instruksi ini sudah disampaikan kepada 34 pemerintah provinsi sejak kemarin, 24 Maret 2020. Beberapa daerah telah menerima kiriman APD dan alat tes cepat yang dibutuhkan saat ini.
 
Misalnya, DKI Jakarta yang menerima 100.000 rapid test dan 40.000 APD. Pendistribusian berikutnya dengan jumlah yang lebih besar, berbasis pada wilayah atau daerah dengan kasus atau potensi penularan tinggi.
 
Baca: Prioritas Penggunaan 100 Ribu Alat Rapid Test DKI
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif