Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Pemuda Muhammadiyah Mendukung Calon Tunggal Kapolri Komjen Listyo

Nasional polri Calon Kapolri
Siti Yona Hukmana • 13 Januari 2021 14:55
Jakarta: Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah menyambut baik keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri. Pilihan itu diyakini berdasarkan pertimbangan yang matang.
 
"Baik dari rekomendasi nama dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri dan juga Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas)," kata Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Sunanto menyebut pertimbangan Presiden Jokowi lainnya karena telah mengenal sosok dan sepak terjang jenderal bintang tiga itu. Kabareskrim Polri itu pernah menjadi ajudan Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga kemudian dipercaya untuk memimpin Korps Bhayangkara," ujar Sunanto.
 
Presiden telah mengirimkan surat presiden (supres) pengajuan nama Listyo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR. Pemuda Muhammadiyah meminta DPR, khususnya Komisi III untuk menjalankan mekanisme uji kelayakan dan kepatutan secara profesional.
 
"Tujuannya, untuk membedah berbagai visi misi, program unggulan yang akan dilakukan Komjen Sigit saat memimpin Polri," ungkap Sunanto.
 
Baca: PR Calon Kapolri, Jaga Keberagaman Hingga Netral dari Politik
 
Menurut Sunanto, proses uji kelayakan itu adalah sebuah instrumen para wakil rakyat menyalurkan berbagai aspirasi masyarakat terhadap Polri. Sehingga, harapan institusi Polri semakin tepercaya, modern, dan profesional benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat.  
 
Di sisi lain, Pemuda Muhammadiyah berharap Listyo segera bekerja keras menyiapkan berbagai program penegakan hukum dan pengayoman masyarakat. Pemuda Muhammadiyah berharap penegakan hukum dilakukan tanpa pandang bulu, melainkan dekat pada keadilan sosial dan perlindungan total pada masyarakat.
 
"Komjen Sigit harus mampu menjawab berbagai tantangan dan tren kejahatan yang saat ini bermetamorfosa dalam berbagai bentuk. Baik cara, teknologi, dan pola kejahatan yang mengalami perubahan cepat," kata Sunanto.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif