Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg), Willy Aditya/Dok Pribadi.
Wakil Ketua Badan Legislatif (Baleg), Willy Aditya/Dok Pribadi.

Baleg DPR Segera Susun Agenda Masa Sidang

Nasional politik Undang-Undang Kemenkumham ruu dpr DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 17 Agustus 2021 17:27
Jakarta: Badan Legislasi (Baleg) DPR bakal menggelar rapat pimpinan menyusun agenda pada masa persidangan kali ini. Salah satunya menentukan waktu evaluasi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021.
 
"Rapim (rapat pimpinan baleg) rencananya Kamis (20 Agustus 2021)," kata Wakil Ketua Baleg Willy Aditya saat dihubungi, Selasa, 17 Agustus 2021.
 
Baca: NasDem Akan Mati-Matian Sahkan Revisi UU Kedokteran Hingga RUU PKS

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadwal tersebut selanjutnya disampaikan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Kemudian, DPR dan pemerintah menggelar rapat untuk mengevaluasi Prolegnas Prioritas 2021.
 
"Akan dilakukan dialoig antara pimpinan Baleg dengan Menkumham," ujar dia.
 
DPR dan pemerintah rutin mengevaluasi daftar rancangan undang-undang (RUU) yang dibahas setiap tahun. Sebanyak 33 RUU dibahas tahun ini.
 
Jumlah tersebut berpotensi bertambah. Pasalnya, Komisi III dan Menkumham Yasonna sepakat memasukkan revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) ke dalam Prolegnas Prioritas 2021.
 
Selain itu, pemerintah sepakat melakukan revisi terbatas UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Wacana tersebut juga akan direalisasikan dengan memasukkannya ke dalam Prolegnas Prioritas.
 
Wakil Ketua Fraksi NasDem itu menyampaikan pihaknya bakal fokus mengawal revisi UU ITE. Sehingga, penyempurnaan yang dilakukan lebih baik.
 
"RUU ini walaupun inisiatif pemerintah tapi tetap menjadi konsen Partai NasDem," ujar dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif