ilustrasi KPU/MI
ilustrasi KPU/MI

KPU dan Kominfo Berkoordinasi Antisipasi Serangan Siber

Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 06 Juli 2022 18:59
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk berkoordinasi penyelenggaraan Pemilu 2024. Menkominfo Johnny G Plate berdiskusi langsung dengan Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan Komisioner KPU.
 
Johnny menerangkan koordinasi dengan KPU untuk membahas akses dan kesiapan infrastruktur dari hulu teknologi informasi hingga hilir. Seperti pusat data teknologi informasi dan komunikasi.
 
"Yang pemanfaatannya untuk bersama-bersama menjaga terhadap serangan-serangan siber dan berkoordinasi lintas kementerian serta lembaga," ungkap Johnny di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu, 6 Juli 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Johnny menjamin pihaknya memberikan kapasitas yang cukup bagi kebutuhan pusat data dan pelaksanaan aplikasi yang dibutuhkan KPU. Johnny juga membahas soal sirkulasi demokrasi, yaitu tempat pemungkutan suara.
 
"Karena terdapat tambahan-tambahan jumlah penduduk, dan pemekaran-pemekaran wilayah. Nanti kita akan lakukan kordinasi lebih lanjut," ujar Johnny.
 
Sementara itu, Hasyim meminta dukungan dari pemerintah untuk turut menyukseskan pemilu sesuai dengan bidang tugasnya. Pasalnya, kata dia, KPU tidak bisa bekerja sendiri.
 
"Salah satu misi KPU yaitu menyelenggarakan pemilu, diantaranya meningkatkan layanan kepemiluan dengan teknologi informasi, sehingga kami menyadari KPU tidak bisa bekerja sendirian," papar dia.
 

Baca: Kominfo Ajak Pemuda Papua Sebarkan Produktivitas Lewat Konten Digital


Hasyim menyebut KPU beserta Kominfo akan fokus pada layanan kepemiluan berbasis teknologi informasi. Hasyim juga meminta Kominfo untuk melakukan penguatan sinyal, khususnya di daerah agar penghitungan suara di TPS bisa dilakukan secara transparan.
 
"Misalkan begini yang sekarang sudah beroperasi dan setiap saat beroperasi itu sistem informasi daftar pemilih, sekarang bisa cek mulai dari mengetik nama NIK, kira-kira sudah terdaftar atau belum, lokasi TPS-nya di mana itu bisa kita cek," jelas dia.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif