Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada media usai rapat di DPR, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021. Foto: Medcom.id/Anggitondi Martaon
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan keterangan kepada media usai rapat di DPR, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021. Foto: Medcom.id/Anggitondi Martaon

Prabowo Sebut Skema Pembiayaan Alpalhankam Masih Digodok

Nasional alutsista tni tni apbn pertahanan negara kendaraan militer Kementerian Pertahanan
Anggi Tondi Martaon • 02 Juni 2021 20:01
Jakarta: Pembiayaan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI melalui Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam) membutuhkan anggaran besar. Skema pembiayaan masih digodok Kementerian Pertahanan (Kemhan).
 
"Ini sedang digodok, sedang direncanakan," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021.
 
Dia menyebutkan skema pembiayaan digodok bersama lemnbaga terkait. Dia menggandeng Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Prabowo: Alutsista TNI Sudah Tua, Mendesak Harus Diganti
 
"Rencana ini masih kita godok dengan Menkeu, Bappenas, dan pemangku kepentingan lainnya," ujar Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra itu
 
Rancangan Perpres Alpalhankam menarik perhatian dalam beberapa waktu belakangan. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan sangat fantastis.
 
Berdasarkan Rancangan Perpres Alpalhankam yang beredar, anggaran yang disusun mencapai US$124.995.000.000 atau Rp1,7 kuadriliun. Anggaran itu untuk pengadaan alutsista 25 tahun ke depan.
 
Juru bicara (jubir) Menhan, Dahnil Anzar Simajuntak, menyebutkan belum ada keputusan akhir soal jumlah anggaran yang akan dihabiskan. Hal itu masih digodok.
 
"Jadi yang beredar akan ada belanja Rp1.700 triliun itu tidak benar. Jadi tidak ada, atau belum ada keputusan," kata Dahnil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 2 Juni 2021.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif