Ketua Bawaslu Abhan. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Ketua Bawaslu Abhan. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Pemerintah, KPU, dan DPR Diminta Segera Tetapkan Jadwal Pencoblosan Pemilu

Nasional bawaslu Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024 Pemilu 2024 jadwal Pemilu 2024
Kautsar Widya Prabowo • 13 November 2021 13:08
Serang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah belum satu suara terkait jadwal pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendorong agar KPU, DPR, dan pemerintah segera menentukan tanggal pencoblosan.
 
"Sampai saat ini belum ada keputusan antara penyelenggara, pemerintah, dan DPR, tentu Bawaslu berharap secepatnya bisa diputuskan mengenai jadwal tahapan Pemilu 2024," ujar Ketua Bawaslu Abhan, di Anyer, Serang, Banten, Sabtu, 13 November 2021.
 
KPU ingin pencoblosan digelar pada 21 Februari 2024 dan pemerintah mengusulkan 15 Mei 2024. Abhan meminta kepastian jadwal pencoblosan segera diputuskan. Sebab, peserta pemilu dan masyarakat membutuhkan persiapan yang matang dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Bawaslu memastikan siap menjalankan tugasnya kapan pun Pemilu 2024 dilaksanakan. Abhan meyakini KPU dan pemerintah memiliki pertimbangan yang kuat dalam menentukan jadwal pemilu.
 
"Penyelenggara KPU menyampaikan kalau bulan ini beririsan dengan kegiatan ini, kalau bulan ini beririsan dengan kegiatan keagamaan dan sebagainya. Semunya kembali kepada forum rapat dengar pendapat ke depan di Komisi II," ujar dia.
 
Baca: KPU Sebut Beban Penyelenggaraan Terlalu Berat Bila Pemilu Digelar 15 Mei 2024
 
Sebelumnya, KPU menyebut beban penyelenggara terlalu berat bila pemungutan suara pemilu digelar 15 Mei 2024 dan pilkada digelar November 2024. KPU butuh persiapan cukup.
 
"Yang paling penting bagi KPU, masing-masing tahapan pemilu cukup waktunya," kata anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Kamis, 3 November 2021.
 
Pramono menjelaskan bila penyelenggaraan pemilu pada Mei 2024 dan pilkada pada November 2024, waktu dari pemungutan suara pemilu ke tahapan awal pilkada sangat singkat. Bahkan, tahapan awal pilkada akan bersamaan dengan hari pemungutan suara pemilu.
 
KPU berharap jadwal pemungutan suara pilkada bisa digeser menjadi Februari 2025 bila opsi pemilu tetap pada 15 Mei 2024. Bila pilkada tetap ingin digelar November 2024, KPU ingin pemungutan suara pemilu nasional digelar Februari 2024. Sehingga, penyelenggaraan keduanya tidak saling tumpang tindih.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif