Ilustrasi pemilu. Medcom.id
Ilustrasi pemilu. Medcom.id

KPU Sebut Beban Penyelenggaraan Terlalu Berat Bila Pemilu Digelar 15 Mei 2024

Nasional kpu pilkada pemilu pilkada serentak Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024 Pemilu 2024
Antara • 04 November 2021 17:28
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebut beban penyelenggaraan terlalu berat bila pemungutan suara pemilu nasional digelar 15 Mei 2024 dan pilkada digelar November 2024. KPU ingin waktu persiapan cukup.
 
"Yang paling penting bagi KPU itu, masing-masing tahapan pemilu cukup waktunya," kata anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Kamis, 3 November 2021.
 
Pramono menjelaskan bila penyelenggaraan pemilu pada Mei 2024 dan pilkada pada November 2024, waktu dari pemungutan suara pemilu nasional ke tahapan awal pilkada sangat singkat sekali. Bahkan, tahapan awal pilkada akan bersamaan dengan hari pemungutan suara pemilu nasional.
 
Dia menyebut kedua tahapan, baik pemilu maupun pilkada sama-sama membutuhkan fokus, konsentrasi, dan kerja langsung di lapangan. Saat yang sama, KPU akan menerima penyerahan syarat dukungan calon-calon perseorangan dan juga mesti menggelar pemungutan dan penghitungan suara.
 
"Jadi, mana mungkin pada saat kita fokus pemungutan suara dan rekapitulasi pemilu nasional, tapi pada saat yang sama kita harus menerima penyerahan dukungan KTP, bukan hanya menerima penyerahan tetapi juga harus langsung dilakukan penghitungan, pengecekan, dan langsung verifikasi administrasi dan verifikasi faktual," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut dari sisi teknis pada masa tahapan bebannya terlalu berat. Terutama bagi KPU kabupaten kota dan penyelenggara di tingkat bawah.
 
"Jadi, fokusnya pasti akan terpecah. Itu dalam manajemen kepemiluan ya tidak baik, kalau irisannya itu pekerjaan-pekerjaan yang hanya administratif tidak masalah, tapi ini proses pemungutan penghitungan suara yang seluruh jajaran bekerja," ucap dia.
 
KPU berharap pemilihan pilkada bisa digeser setidaknya pada Februari 2025 bila opsi pemilu tetap dipilih 15 Mei 2024. Namun, bila pilkada tetap ingin digelar November 2024, pemungutan suara pemilu nasional harus digelar Februari 2024. Hal ini mengingat jarak waktu yang dibutuhkan agar penyelenggaraan dua pemilihan itu tidak saling tumpang tindih.
 
Baca: KPU-Pemerintah Diminta Menyepakati Jadwal Pemilu Sebelum Dibawa Ke Komisi II
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif