Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kemkominfo: Situs Pedulilindungia.com Palsu

Nasional Kominfo Virus Korona Berita Kominfo covid-19 pandemi covid-19 PeduliLindungi
Theofilus Ifan Sucipto • 09 September 2021 18:35
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan situs Pedulilindungia.com palsu. Informasi soal situs itu santer beredar melalui pesan berantai.
 
“Bukan situs yang digunakan oleh pemerintah untuk melakukan penanganan covid-19,” kata juru bicara Kemkominfo Dedy Permadi dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 September 2021.
 
Menurut dia, seluruh isi dan informasi dalam situs Pedulilindungia.com tidak terkait situs resmi PeduliLindungi.id. Kemkominfo telah memutus akses terhadap situs Pedulilindungia.com.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pedulilindungia.com menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs PeduliLindungi.id,” papar dia.
 
Baca: Anies Sebut Masih Ada Warga DKI Pilih-pilih Vaksin Covid-19
 
Dedy mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap informasi yang beredar di media sosial. Warga perlu teliti bila ada situs dan aplikasi yang mengatasnamakan PeduliLindungi.
 
Masyarakat diminta untuk hanya mengakses situs resmi PeduliLindungi.id. Aplikasi resmi PeduliLindungi dapat diunduh di App Store dan Google Play Store. 
 
Sebelumnya, pesan berantai soal situs Pedulilindungia.com beredar via WhatsApp. Pesan itu berisi imbauan untuk tidak mengakses situs tersebut lantaran bisa mengambil data pribadi.
 
"Teman-teman, hati-hati ya. Ditemukan situs farming nama dan tampilannya persis PeduliLindungi. Tapi, ini situs palsu. https://www.pedulilindungia.com/. Perhatikan URL-nya Pedulidingungia.com ada huruf A-nya. Situs ini mengumpulkan data-data pribadi kita. Jangan akses situs ini. Jadi kalau ada dapat sebaran soal PeduliLindungi dan disuruh klik link, perhatikan link-nya,” bunyi pesan tersebut.
 
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif