Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

DPR Dinilai Lamban Merespons Kasus Brigadir J

Kautsar Widya Prabowo • 13 Agustus 2022 16:56
Jakarta: Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menilai Komisi III DPR lamban merespons kasus kematian Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Sikap ini disesalkan.
 
"Mereka harusnya meluangkan waktu di tengah reses untuk segera memanggil Polri dalam rangka meminta penjelasan dan juga pertanggungjawaban terkait kasus penembakan yang menyita perhatian publik," ujar peneliti fungsi pengawasan Formappi Albert Purwa dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu, 13 Agustus 2022. 
 
Albert menjelaskan sebagai mitra kerja Polri, Komisi III seharusnya menggunakan peran pengawasannya untuk membongkar kasus tersebut. Pasalnya, sejak awal kasus ini mencuat ke publik banyak pihak di Korps Bhayangkara yang berupaya mengaburkan fakta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kejanggalan penanganan kasus itu tentu sesuatu yang perlu diawasi oleh Komisi III karena terkait dengan fungsi kepolisian sebagai penegak hukum," terangnya.
 
Selain itu, persoalan ini ada potensi melecehkan dan merusak kredibilitas penegakan hukum. Kasus ini seharusnya mendapat perhatian besar dari Komisi III DPR.
 

Baca: Ditahan di Bareskrim, 3 Tersangka Kasus Brigadir J Ditempatkan Terpisah


Sebelumnya, Komisi III DPR akan memanggil Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Pemanggilan untuk meminta penjelasan Korps Bhayangkara terkait kasus pembunuhan Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat (J).
 
"Maka nanti Pak Kapolri pasti kita undang ke Komisi III untuk menjelaskan ini semua," kata Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Dia memastikan pembahasan kasus pembunuhan Brigadir J dilakukan pada masa sidang yang akan datang. DPR kembali aktif bersidang pada 16 Agustus 2022.
 
"Setelah rapat internal. Mungkin 17 atau 18 (Agustus) bisa diketok jadwal rapatnya," kata dia.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif