Ilustrasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). AFP/Bay Ismoyo.
Ilustrasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). AFP/Bay Ismoyo.

KNKT, Lembaga Nonstruktural di Bawah Presiden

Nasional Transformasi KNKT
Whisnu Mardiansyah • 27 November 2019 16:23
Jakarta: Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merupakan lembaga non-struktural yang berada di bawah Presiden Joko Widodo. KNKT bertanggung jawab kepada Presiden sesuaiPeraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Komite Nasional Keselamatan Transportasi.
 
Humas KNKT Indrianto menjelaskan lembaganya bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Hal itu demi independensi KNKT dalam menginvestigasi kecelakaan transportasi. Tapi laporan disampaikan melalui Kementerian Perhubungan.
 
"Diharapkan seperti itu ketika ada dasar undang-undangnya KNKT melaporkan langsung kepada presiden. Sekarang laporannya kita melaporkan ke presiden melalui Kementerian Perhubungan," jelas Indrianto kepada Medcom.id, Rabu, 27 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Indrianto menjamin birokrasi itu tak mengganggu independensi KNKT.Komite pimpinan Soerjanto Tjahjanto itu pun menghasilkan laporan investigasi yang independen tanpa intervensi pihak lain.
 
"Sebenarnya independensinya dari kinerja dan laporan dihasilkan. Laporan final KNKT independen cuma pengelolaan alokasi anggarannya masih di bawah Kementerian Perhubungan," ucap dia.
 
Berdasarkan Perpres Nomor 2 Tahun 2012, KNKT bertugas menginvestigasi kecelakaan transportasi dan mengeluarkan rekomendasi hasil investigasi kecelakaan tranportasi kepada pihak terkait. KNKT juga bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada presiden berdasarkan hasil investigasi. Rekomendasi itu bertujuan mewujudkan keselamatan transportasi.
 
Kepala KNKT Soerjanto Tjahjono ingin lembaganya berubah menjadi badan keselamatan nasional. Pernyataan itu disampaikan Soerjanto dalam rapat bersama Komisi V DPR, Senayan, Senin, 25 November 2019.
 
Selama menginvestigasi kecelakaan, KNKT tak pernah menyalahkan, tak pernah mengadili, dan tak pernah berpihak. KNKT fokus membongkar penyebab kecelakaan. Soerjanto yakin prinsip ini dibutuhkan mencari tahu penyebab kecelakaan di sektor konstruksi dan industri.
 
Konsep badan keselamatan nasional ini sudah diterapkan beberapa negara. Ia mencontohkan Dutch Safety Board di Belanda. Badan Keamanan Belanda itu menginvestigasi kecelakaan di tiga sektor tersebut.
 
"Ini yang kami usulkan, KNKT kalau bisa jadi badan keselamatan nasional. Semoga dapat didalami," jelas Soerjanto.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif