Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Dok. Medcom.id
Ketua KPU Hasyim Asy'ari. Dok. Medcom.id

Masyarakat Diminta Sampaikan Aspirasi Sosok Pemimpin yang Diinginkan ke Parpol

Kautsar Widya Prabowo • 03 Desember 2022 13:46
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendorong masyarakat dapat menyampaikan aspirasi kepada partai politik (parpol) soal sosok pemimpin hingga wakil rakyat yang diinginkan. Sebab, hanya parpol yang memiliki kewenangan menunjuk seseorang menjadi calon presiden, anggota DPR, hingga kepala daerah.
 
Ketua KPU Hasyim Asy'ari menekankan menentukan karakter pemimpin tidak semata-mata hanya dirumuskan oleh parpol. Melainkan harus mendengarkan masukan dari semua pihak, terutama masyarakat.
 
"Penting kita menyerukan kepada masyarakat untuk berinteraksi aktif kepada partai politik sebelum nanti partai politik menentukan siapa calon yang akan didaftarkan atau dicalonkan kepada KPU," ujar Hasyim saat merilis jingle dan maskot Pemilu 2024 di Ancol, Jakarta Utara, Jumat, 2 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasyim juga meminta parpol untuk menggunakan mekanisme demokratis dan transparan dalam mengusung calon peserta pemilu. Sehingga sosok-sosok yang akan diusung selaras dengan keinginan masyarakat.
 

Baca Juga: KPU akan Rumuskan Soal Kampanye Adu Gagasan dalam Pemilu 2024


Di samping itu, Hasyim menjelaskan KPU pada dasarnya harus melayani dua pihak saat pemilu. Yaitu, melayani pemilih untuk mendapatkan hak pilihnya dan melayani peserta pemilu.
 
"Di antara peserta pemilu adalah pasangan calon presiden, wakil presiden, ada partai politik, ada calon anggota DPD, ada calon DPRD provinsi, DPR kabupaten kota, dan calon kepala daerah ya, gubernur, bupati, wali kota," jelas dia.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif