Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Istimewa
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Istimewa

Kominfo Lanjutkan Akselerasi Tranformasi Digital Nasional

Nasional Kominfo transformasi digital Johnny Gerard Plate Digitalisasi
Antara • 10 Mei 2022 09:41
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak sivitas kementeriannya melanjutkan agenda akselerasi transformasi digital nasional. Momentum usai libur lebaran diharapkan jadi semangat baru melanjutkan agenda tersebut.
 
"Mudik panjang yang penuh dengan sukacita dan kegembiraan menandakan semangat baru dalam menyukseskan program kerja dan berbagai target," kata Johnny, dikutip dari siaran pers, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Kominfo memiliki tugas untuk mempercepat transformasi digital nasional. Menurut Johnny, masih banyak tugas yang perlu diselesaikan untuk mencapai transformasi digital yang inklusif, berkelanjutan, dan memberdayakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti misalnya suksesnya Analog Switch Off (ASO) yang telah kita awali pada 30 April 2022, pembangunan infrastruktur digital Base Transceiver Station (BTS), akses internet, penggelaran optik, dan lain sebagainya," papar johnny.
 
Pembangunan dan pengembangan talenta digital nasional di tingkat dasar, tingkat menengah, dan tingkat lanjut juga menjadi bagian dari transformasi digital. Selain itu, Indonesia juga sedang menjadi Presidensi G20.
 
"Saya mengajak seluruh sivitas Kementerian Kominfo untuk terus melakukan lompatan-lompatan yang inovatif yang besar, sehingga program tersebut dapat dilaksanakan dapat tercapai dengan baik," kata Johnny.
 
Baca: Pergeseran Transformasi Digital Berimplikasi ke Pengembangan Sumber Daya Manusia
 
Johnny menginstruksikan kepada seluruh pimpinan dan pelaksana di satuan kerja dan unit pelaksana teknis melakukan penyerapan anggaran secara lebih progresif. Menurut data Kominfo per 8 Mei, penyerapan anggaran belum optimal.
 
Jika penyerapan anggaran tertunda, dampaknya akan terasa kepada pembangunan. Tapi, pengelolaan anggaran harus dilakukan dengan baik agar bermanfaat bagi rakyat.
 
"Makin cepat penyerapan anggaran, mudah-mudahan makin cepat pula manfaat yang dinikmati oleh rakyat sebagaimana yang diamanatkan oleh konstitusi kita," terang dia.
 
Baca: Menkominfo: Mudik dan Idulfitri Momentum Mengakhiri Pandemi
 
Dia menerangkan akselerasi penyerapan anggaran tetap harus menjaga akuntabilitas dan proses yang prudent. Sehingga bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
 
"Seperti yang kita bersama harapkan, daya serap anggaran akan berikan dampak langsung, akan berikan sambung rasa langsung dengan harapan masyarakat, dengan tujuan bernegara kita, kesejahteraan rakyat," jelas Johnny.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif