Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto.
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto.

Pemerintah Siapkan 7 Tindak Lanjut Misi Perdamaian Rusia dan Ukraina

Theofilus Ifan Sucipto • 03 Juli 2022 14:01
Jakarta: Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto menegaskan pemerintah bakal menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia dan Ukraina. Tindak lanjut itu dibuat berkelanjutan hingga menjelang puncak G20.
 
“Ada tujuh tahapan yang harus dilakukan sampai November 2022,” kata Andi dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Sukses Besar! Jalur Pangan Rusia Terbuka, Jokowi: Mission Accomplished,’ Minggu, 3 Juli 2022.
 
Andi tidak memerinci detail tujuh tahap tersebut. Namun, dia mengungkapkan Indonesia berada di tahap yang cukup kritikal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Antara Juli, Agustus, dan September harus ada langkah-langkah lain yang dikerjakan,” papar dia.
 
Menurut Andi, tindak lanjut itu penting untuk membuktikan keseriusan Indonesia dalam misi perdamaian. Sehingga pemerintah menyusun langkah konkret dan disiapkan sejak dini.
 
“Karena pada dasarnya Indonesia ingin nanti yang bertemu G20, bukan G19 (satu negara tidak ikut),” jelas dia.
 

Baca: Pemerintah Tetap Perlu Mewaspadai Eskalasi Konflik Rusia dan Ukraina


Selain itu, konflik Rusia dan Ukraina perlu diredam agar substansi G20 terang-benderang. Jangan sampai pelaksanaan G20 di Indonesia selesai tanpa hasil konkret.
 
“Misalnya saat G7 tiba-tiba viral di media sosial soal apa yang dipakai atau tidak dipakai (Presiden Rusia Vladimir) Putin saat berkuda. Viralnya jadi tidak substantif,” tutur Andi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif