KPU Percayakan Tes Kesehatan ke RSPAD
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan pemeriksaan bakal calon presiden dan wakil presiden kepada Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. KPU yakin dengan kemampuan tim kedokteran yang telah ditunjuk.

"Kalau kesehatan, kami percayakan semua. Kita lihat saja setelah seluruh proses yang akan dilakukan," kata Ketua KPU Arief Budiman di RSPD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Agustus 2018.

Seluruh komisioner KPU memantau langsung jalannya tahapan pemeriksaan kesehatan Pilpres 2019 di RSPAD Gatot Soebroto. Sesi pertama, pemeriksaan dilakukan untuk pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. 


"Kehadiran komisioner KPU hari ini bagian dari tahapan proses pencalonan, kami harus ikuti," jelas Arief.

Baca: Timses Jokowi Kumpulkan Jurkam Besok

Tim pemeriksa kesehatan akan dipimpin oleh Danardi Sosrosumihardjo, Sp.KJ. Dia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Saat ini, Danardi bekerja sebagai dokter psikiatri di RS Premier Jatinegara. 

Berdasarkan SK KPU nomor 1004/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2018 tentang Petunjuk Teknis Penilaian Kemampuan Rohani dan Jasmani Bakal Capres dan Cawapres, ada 16 tahapan pemeriksaan. Pemeriksaan kesehatan ini diperkirakan memakan waktu selama sembilan jam. 

"Tim kesehatan yang tahu untuk memeriksa masing-masing item, berapa lama pemeriksaannya kita serahkan kepada tim kesehatan," ujar Arief. 



(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id