Ilustrasi DPR. Medcom.id
Ilustrasi DPR. Medcom.id

Pengusul Terima Perubahan Judul RUU Larangan Minuman Beralkohol

Nasional minuman beralkohol ruu dpr DPR RI
Anggi Tondi Martaon • 17 November 2020 18:56
Jakarta: Judul Rancangan Undang-Undang (RUU) Larangan Minuman Beralkohol (Minol) diusulkan diubah. Pengusul menerima masukan tersebut.
 
"Pada prinsipnya seluruh yang disampaikan bisa diakomodasi bahkan untuk judul tadi ada beberapa masukan (perubahan)," kata pengusul RUU Larangan Minuman Beralkohol Illiza Sa'aduddin Djamal di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 17 November 2020.
 
Tenaga ahli Badan Legislasi (Baleg) DPR mengusulkan sejumlah judul saat penyampaian laporan hasil kajian, harmonisasi, dan pemantapan konsepsi RUU Larangan Minuman Beralkohol. Baleg mengusulkan kata 'larangan' dihilangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada tiga usulan judul yang disampaikan tenaga ahli Baleg. Yakni, RUU Minuman Beralkohol, RUU Pengendalian Minuman Beralkohol, dan RUU Pembatasan Minuman Beralkohol.
 
"Insyaallah kita akan mengakomodasi untuk merevisi judul," ujar dia.
 
(Baca: Tak Ada Urgensi DPR Bahas RUU Larangan Minuman Beralkohol)

Tidak Suuzan dengan RUU Larangan Minuman Beralkohol

Pengusul RUU Larangan Minuman Beralkohol Romo H. R. Muhammad Syafi'i meminta masyarakat tidak suuzan dengan pengajuan RUU Larangan Minuman Beralkohol. Aturan yang diusulkan 21 anggota DPR itu bukan untuk menutup produksi hingga konsumsi minuman keras secara keseluruhan.
 
"Masyarakat jangan berlebihan, baca dulu rancangan aturannya. Ini (RUU Larangan Minuman Beralkohol) bukan menghabiskan, bukan me-nol-kan," kata Romo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 17 November 2020.
 
Politikus Gerindra itu menyebut aturan ini hanya untuk mempertegas aturan peredaran minuman beralkohol. Mulai produksi hingga konsumsi minuman beralkohol.
 
Hal itu termaktub pada Pasal 8 RUU Larangan Minuman Beralkohol. Penggunaan minuman alkohol tetap diperkenankan untuk ritual agama, adat istiadat, wisata, dan medis.
 
"Saya kira ini memberikan kejelasan," ujar dia.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif