Sekjen NasDem Johnny G Plate. Foto: MI/Ramdani.
Sekjen NasDem Johnny G Plate. Foto: MI/Ramdani.

NasDem Mengaku Punya Banyak Stok Calon Menteri Muda

Nasional kabinet jokowi
Whisnu Mardiansyah • 07 Juli 2019 15:13
Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai NasDem Johnny G Plate sepakat kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin perlu diisi sosok-sosok muda. NasDem, kata dia, juga memiliki banyak stok kader muda berkualitas yang siap disodorkan menjadi calon menteri muda.
 
"Bagus dong ada generasi muda yang mampu yang punya kompetensi untuk jadi menteri baik dong. Di NasDem ada banyak yang muda," kata Johnny di Jakarta, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Menurut dia, salah satu sosok muda itu adalah Prananda Surya Paloh, Ketua Garda Pemuda NasDem sekaligus anggota DPR. Selain itu, di NasDem juga banyak tokoh-tokoh muda mumpuni dengan kualifikasi pendidikan tinggi yang baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada banyak ada doktor-doktor, ada banyak juga anggota DPR yang muda. Di DPP sana di Garda pemuda ada banyak (bergelar) PhD, PhD," ujar Johnny.
 
Namun, Partai NasDem sepenuhnya menyerahkan sosok menteri muda sesuai kebutuhan kabinet kepada Presiden Joko Widodo. Langkah merekrut menteri muda, kata Johnny, bagian dari upaya regenerasi politik di ekskutif.
 
"Kalau legislatif kami sudah lakukan. Banyak yang muda-muda menjadi anggota DPR dari NasDem," ujar Johnny.
 
Baca: Demokrat Meyakini Gerindra Konsisten Menjadi Oposisi
 
Joko Widodo bertekad membentuk kabinet yang efektif dan responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya, kabinet nanti akan mengakomodasi kaum muda.
 
"Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," kata Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif