Perdana Menteri Papua Nugini James Marape bersama Presiden Jokowi/BPMI Setpres
Perdana Menteri Papua Nugini James Marape bersama Presiden Jokowi/BPMI Setpres

PM Papua Nugini: Indonesia Selalu Ada untuk Kami

Andhika Prasetyo • 31 Maret 2022 17:45
Perdana Menteri Papua Nugini James Marape menyebut Indonesia sebagai negara tetangga yang sangat penting. Sejak relasi diplomatik resmi terjalin pada 1976, Indonesia selalu ada dan siap siaga membantu Papua Nugini.
 
"Indonesia selalu ada ketika bangsa kami mengalami kesulitan. Saat krisis ekonomi, tekanan keuangan dan sekarang pandemi covid-19, pertolongan Indonesia selalu sampai ke negara kami," ujar Marape saat bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis, 31 Maret 2022.
 
Baca: Presiden Jokowi Dorong Indonesia-Papua Nugini Bikin Perjanjian Investasi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menganggap hubungan Papua Nugini-Indonesia tidak sekadar sahabat tetapi lebih seperti saudara. Ikatan antarkedua negara, kata dia, sudah ditakdirkan Tuhan dan itu menjadi sebuah berkah bagi masyarakat Papua Nugini.
 
"Bagi kami, hubungan Papua Nugini dan Indonesia tidak bisa kami tolak. Kita di sini bukan hanya sekadar teman tapi lebih penting dari itu, kita adalah saudara," tuturnya.
 
Ia berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menginisiasi pertemuan bilateral ini. Menurut Marape, kesempatan tersebut menjadi sebuah momentum kedua negara menyusun berbagai langkah kerja sama ke depan.
 
Marape mengundang Presiden Jokowi beserta istri dan jajarannya bertandang ke Port Moresby tahun depan. Dia ingin bertukar pandangan dengan Jokowi.
 
"Jadi kita akan punya pertemuan tahunan. Kita bisa melakukan pertukaran pandangan. Saya tidak sabar untuk pertemuan nanti dan melihat bagaimana progres kerja sama kita berjalan," kata Marape.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif