Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab. MI/Ramdani.
Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab. MI/Ramdani.

Moeldoko Minta Rizieq Hubungi Kedubes Indonesia

Nasional Rizieq Shihab
Damar Iradat • 26 November 2019 16:08
Jakarta:Kepala Staf Presiden Moledoko meminta Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi. Rizieq Shihab soal kesulitan pulang ke Tanah Air.
 
"Selama ini Pak Rizieq itu tidak pernah berkomunikasi ke kedutaan, saya sudah cek," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 26 November 2019.
 
Rizieq kerap mengeluh tak bisa pulang ke Tanah Air. Hanya saja, keluhan itu disampaikan lewat rekaman video dan viral di media sosial. Moeldoko menyebut Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi bisa membantu masalah pentolan FPI itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kan sudah menjadi tanggung jawab kedutaan menerima berbagai persoalan yang dihadapi oleh warganya di luar negeri, karena itu bagian dari tugas," paparnya.
 
Mantan Panglima TNI itu meminta Rizieq tak menyebarkan kabar yang menyesatkan. Apalagi, membentuk opini seolah pemerintah mempersulit kepulangan Rizieq.
 
Moeldoko memastikan pemerintah tidak pernah mencekal kepulangan Rizieq. Menurut dia, pemerintah juga dilarang mencekal warga negaranya yang ingin kembali ke Indonesia.
 
Moeldoko menolak berkomentar ihwal proses negosiasi antara pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Kabar negosiasi itu sempat dilontarkan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam A Abid Althagafi.
 
"Saya tidak tahu secara teknis tentang negosiasi. Kalau menurut saya sih apa yang dinegosiasikan? Tidak ada yang bermasalah sebenarnya. Pak Rizieq mau pulang, pulang aja, kan begitu," tandasnya.
 
Kabar pencekalan Rizieq mencuat setelah video yang diunggah di kanal televisi FPI beredar. Dalam video itu, Rizieq mengaku dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif