Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab. MI/Ramdani.
Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab. MI/Ramdani.

Indonesia-Arab Saudi Negosiasi Kepulangan Rizieq

Nasional Rizieq Shihab
Damar Iradat • 25 November 2019 18:11
Jakarta: Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi mengatakan Indonesia dan Arab Saudi sedang menegosiasikan kepulangan pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Rizieq sebelumnya mengaku dicekal di Arab Saudi dan tak bisa pulang ke Tanah Air.
 
"Masalah ini sebenarnya sedang dinegosiasikan oleh otoritas tinggi kedua negara dan kami berharap ini segera bisa diselesaikan," ujar Esam Abid di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin, 25 November 2019.
 
Esam mengatakan negosiasi tak melibatkan Rizieq Shihab. Negosiasi hanya dilakukan pemerintahan Indonesia dan Arab Suadi. Esam pun menolak menanggapi pernyataan Rizieq yang mengaku dicekal di Arab.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak bisa bicara apa pun karena ini sedang dinegosiasikan secara mendalam oleh kedua otoritas, antara Arab Saudi dan Indonesia," jelasnya.
 
Esam baru saja bertemu Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahuf MD. Ia menegaskan permasalahan Rizieq tak dibahas dalam pertemuan itu. Pertemuan itu hanya membahas masa depan hubungan kedua negara.
 
"Tidak membicarakan itu, kami bicara mengenai banyak hal terkait hubungan masa depan antara Arab Saudi dan Indonesia. Seperti, konferensi tahunan Islam di Jakarta dan Arab Saudi, serta lainnya," jelas Esam.
 
Kabar pencekalan Rizieq mencuat setelah video yang diunggah di kanal televisi FPI beredar. Dalam video itu, Rizieq mengaku dicekal Pemerintah Arab Saudi atas permintaan Pemerintah Indonesia.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif