Anggota Komisi III Eva Yuliana dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021. Dok. Tangkapan Layar
Anggota Komisi III Eva Yuliana dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021. Dok. Tangkapan Layar

Legislator Sebut Solusi Kondisi Lapas Kompleks

Nasional kebakaran Kemenkumham Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) DPR RI Crosscheck Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar
Theofilus Ifan Sucipto • 12 September 2021 13:31
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Eva Yuliana menyebut solusi kondisi lembaga pemasyarakat (lapas) di Indonesia kompleks. Masalah itu tak bisa hanya diselesaikan dengan anggaran yang memadai.
 
"Ketika anggaran bisa kita beri, apakah penganggaran atau rencana itu jadi prioritas pemerintah? Itu jadi persoalan tersendiri," kata Eva dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021.
 
Eva menyebut legislator periode ini baru dilantik pada 2019. Sedangkan, Indonesia mengalami pandemi covid-19 pada 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anggaran harus di-refocussing, itu jadi persoalan yang berdampak pada rencana pembangunan dan kualitas lapas," ujar politikus Partai NasDem itu.
 
Masalah lainnya, yakni over capacity di lapas. Eva menyebut ada revisi Undang-Undang Narkotika dan Undang-Undang Pemasyarakatan yang masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR.
 
Eva mengatakan DPR masih menunggu respons pemerintah. Pemerintah perlu memberikan arahan supaya revisi undang-undang berjalan hingga disahkan.
 
"Karena kalau tidak ada permintaan dari pemerintah, kita tidak bisa melakukan apapun juga," papar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif