Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (kiri) dan Mantan Menpan RB Asman Abnur (kanan). Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto (kiri) dan Mantan Menpan RB Asman Abnur (kanan). Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Pemilihan Ketum PAN Diyakini Tak Aklamasi

Nasional partai amanat nasional
Ilham wibowo • 07 Desember 2019 11:40
Jakarta: Kursi ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN) mulai diperebutkan jelang Kongres PAN awal 2020. Pemilihan diyakini tak akan aklamasi, lantaran banyak calon yang maju mendaftar.
 
Satu di antara kader PAN yang pasti mencalonkan diri sebagai calon ketua umum yakni mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur. Ia mengatakan bakal mengusung program perubahan pengelolaan partai.
 
"Partai ini adalah partai yang berbasis rakyat tentu tata kelolanya menjadi sangat penting ke depannya sehingga mudah-mudahan ke depan PAN menjadi role model di partai-partai politik yang ada di Indonesia," kata Asman ditemui di Hotel Milenium, Jakarta, Sabtu, 7 Desem 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PAN, kata dia, juga perlu punya target penciptaan kader yang berkelas nasional hingga internasional. Kader PAN juga perlu terlibat besar dalam membangun bangsa.
 
"Jadi anggota anggota dewan yang bermutu, pemimpin-pemimpin bangsa yang ke depan yang dilahirkan, dan kita harapkan bisa merubah dan membuat maju negeri ini," ujarnya.
 
Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto yang diklaim mendapat dukungan maju sebagai caketum PAN juga siap bersaing dengan calon petahana Zulkifli Hasan. Pemilik hak suara partai di berbagai daerah bakal terlebih dahulu menyampaikan aspirasi untuk kemajuan partai.
 
"Saya kira saya melihat kecil kemungkinan aklamasi, nanti kelihatannya ada proses demokrasi yang cukup menarik dan dinamis di tubuh partai ini di awal tahun depan, di kongres," tuturnya.
 
Bima meyakini dinamika pemilihan Ketum PAN bakal semarak. Selain dirinya dan Asman, kandidat lain yang bakal mencalonkan diri yakni Waketum PAN Hanafi Rais dan Waketum PAN Mulfachri Harahap.
 
"Menurut saya kecil kemungkinan aklamasi karena banyak kandidat," tutur Bima.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif